Kemenko Perekonomian RI Gelar FGD Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan Daerah

PANGKALPINANG - Asisten II Sekda Provinsi Bangka Belitung Bidang Perekonomian dan Pembangunan DR.Budiman Ginting mewakili Gubernur hari ini membuka Focus Group Discussion (FGD) yang siselenggarakan oleh di selenggarakan oleh Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia di Ruang Muntok Metting Room Novotel Bangka Tengah pada Kamis (4/5/2017).

Tema yang di angkat yakni esensi menjaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan Daerah untuk Mendukung Ketahanan Pangan Nasional, Terkait Kebijakan Stabilitas Pangan.

Gubernur dalam sambutan yang dibacakan Budiman Ginting menjelaskan, bahwa pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung bahwa pada Triwulan IV tahun 2016 sebesar 4,21 % di dorong oleh konsumsi rumah tanngga dan investasi serta melambatnya Impor.

Sementara secara sektoral peningkatan pertumbuhan ekonomi didorong oleh membaiknya pertumbuhan lapangan usaha industri pengolahan dan lapangan usaha pertambangan dan penggalian yang menjadi kontributor terbesar dari pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung tahun 2016 sebesar 4,21 %, lebih tinggi di banding pertumbuhan ekonomi tahun 2015 sebesar 4,08 %.

“Diperkirakan pada tahun 2017 pertumbuhan ekonomi pada kisaran 4,0 % sampai dengan 4,7 %, lebih rendah dibandingkan pertumbuhan ekonomi Triwulan IV tahun 2016,” ungkapnya.

Menurut Budiman pertumbuhan ditopang oleh konsumsi rumah tangga, meningkatnya perekonmian swasta dan expor pengeluaran pemerintah khususnya terkait dengan belanja modal pada tengah tahun meningkat dan diperkirakan tinggi dibanding tahun sebelumnya, sebagai akibat pelaksanaan lelang proyek proyek pemerintah.

Salah satu isu dalam kebijakan pemerintah adalah kebijakan stabilisasi harga pangan dan karateristik produk pangan yaitu harga yang fluktuatif dan produksi yang bersifat musiman. Terbukanya pasar bebas menyebabkan harga produk pangan di dalam negeri ikut terpengaruh oleh situasi dan kondisi harga internasional, peningkatan harga pangan strategis pun masih menjadi polemik rutin tahunan.

Kesejahteraan Petani Pun tidak kunjung membaik untuk menjamin keberhasilan stabilitas pangan, untuk itu Gubernur berharap, semoga acara FGD tersebut dapat bermanfaat bagi pembangunan daerah terutama peningkatan kesejahteraan masyarakat Provinsi Bangka Belitung.

Hadir dalam acara Focus Group Discussion tersebut di antaranya Direktur Bahan Pokok dan Bahan Penting Kementrian Perdagangan RI sekaligus sebagai Narasumber yang didampingi Narasumber lain yakni Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Babel, Kepala Badan Ketahanan Pangan Babel, Kepala Divisi Regional Bulog Babel dan Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung. (MA)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Muhammad Anshori
Fotografer: 
Muhammad Anshori