Kementerian Kominfo Gelar Sertifikasi Berbasis Kompetensi

PANGKALANBARU – Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi Sumber Daya Manusia Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama-sama dengan Lembaga Sertifikasi Nasional serta Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk kedua kalinya kembali mengadakan kegiatan Sertifikasi Nasional Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di bidang Teknologi Informatika bagi lulusan SMK, Diploma I, Diploma II dan Diploma III, pada Rabu (09/08) bertempat di Hotel Novotel, Pangkalanbaru Bangka Tengah.

Hedi M Idris selaku Kepala Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM menyatakan sekarang ini persaingan dunia kerja di era globalisasi semakin ketat dimana kompetensi dan keterampilan dari angkatan kerja muda sangat dibutuhkan oleh dunia industri. Atas alasan tersebut, pemerintah melaksanakan kegiatan sertifikasi guna menyiapkan kompetensi angkatan kerja muda yang siap pakai sesuai kebutuhan dunia industri.

“Kita tahu bahwa persaingan dunia kerja di era bebas sekarang ini sangat ketat dalam dunia industri. Selain ijazah, juga yang dibutuhkan oleh pasar saat ini adalah kompetensi atau keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan,” ungkap Hedi.

Dalam kesempatan tersebut, Hedi juga mengungkapkan kegiatan sertifikasi yang dilaksanakan ini guna membantu dunia pendidikan khususnya pendidikan vocasional untuk menyediakan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri.

“Jadi pelatihan yang diselenggarakan sekarang ini harus berbasis kompetensi sekaligus disertifikasi, dan kami sampaikan bahwa melalui sertifikasi ini juga merupakan upaya pemerintah dalam menjembatani antara dunia pendidikan dengan dunia kerja khususnya terkait dengan mempersiapkan kompetensi lulusan dari pendidikan vocasional, yaitu SMK dan Diploma yang siap bekerja dan sesuai dengan dibutuhkan oleh dunia industri, “ ungkap Hedi.

Suharto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan selain persaingan dunia kerja yang ketat, saat ini di daerah khususnya di Bangka Belitung tengah menghadapi tantangan dalam upaya meningkatkan sistem pengembangan keterampilan bagi angkatan kerja mudanya.

“ Apalagi persaingan dunia kerja di era globalisasi ini sangat ketat dimana tidak saja hanya menghadapi persaingan lokal namun juga global. Saat ini pemerintah tentunya berupaya mencari formulasi untuk mempersiapkan SDM angkatan kerja yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Saya sangat mendukung kegiatan sertifikasi ini serta berharap agar peserta dapat mengikuti secara optimal kegiatan ini demi masa depan kalian," ungkap Suharto.

Suharto juga menambahkan agar kegiatan pengembangan kompetensi SDM khususnya di Bangka Belitung dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan dilakukan monitoring untuk menyelesaikan persoalan ketenagakerjaan di daerah.

“Kegiatan sertifikasi ini sangat tepat untuk meningkatkan kapasitas SDM. Untuk itu saya harapkan kegiatan ini bisa terus dilakukan. Perlu juga saya sampaikan bahwa program prioritas Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah meningkatkan kualitas SDM, dan kegiatan sertifikasi ini sejalan dengan tujuan program prioritas Pemerintah Provinsi. Untuk itu saya sangat mendukung sekali dan siap bekerja sama dengan pihak kementerian untuk melaksanakan kegiatan –kegiatan pengembangan SDM," lanjut Suharto.

Bentuk kegiatan sertifikasi kompetensi berbasis SKKNI bidang informatika antara lain mencakup kegiatan uji kompetensi dalam bentuk ujian tulis, wawancara maupun praktek untuk keahlian operasional komputer junior, desain grafis junior dan junior programming yang diikuti oleh 75 peserta dari 7 kabupaten/kota d Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Ahmad Fauzan Syahzian