Kementerian PANRB Gelar Kompetisi Pengelolaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - LAPOR

Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) melakukan sosialisasi mengenai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N – LAPOR) terhadap 51 pemerintah daerah.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa (02/10) di kantor Kementerian PANRB, disampaikan oleh Diah Natalisa Selaku Asisten Deputi Pelayanan Publik bahwa pengelolaan pengaduan yang cepat dapat dilakukan dengan teknologi informasi, dan forum ini dapat digunakan untuk tukar menukar informasi dan pengalaman positif.

Dalam forum tersebut, Diah menyampaikan beberapa langkah yang dilakukan salah satunya adalah penggunaan applikasi LAPOR. Ia pun mengatakan telah membuka kompetisi SP4N-LAPOR, yang diharapkan dapat mendorong pengelolaan yang lebih baik dan juga sebagai langkah evaluasi sejauh mana pelaksanaan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional ini berjalan dilingkungan instansi pemerintah.

Lebih jauh, Ia mengimbau kepada para pemerintah daerah untuk dapat melaksanakan amanat undang undang 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik dan meningkatkan kualitasnya.

“Dengan adanya forum ini, saya harapkan dapat meningkatan kualitas Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional,” ujar Diah

Untuk itu, dengan diterbitkan peraturan presiden republik indonesia nomor 76 tahun 2013 tentang pengelolaan pengaduan pelayanan publik, akan dilaksanakan digitalisasi SP4N untuk pengelolaan yang cepat dan responsif.

Untuk hingga saat ini layanan Lapor tersebut telah terhubung dengan 587 instansi pemerintah. Hal ini merupakan pencapaian dari kolaborasi berbagai pihak dalam mewujudkannya pelayanan publik yang lebih baik.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
istimewa