Kementerian Pertahanan Kembali Adakan Parade Cinta Tanah Air

PANGKALPINANG - Kementerian Pertahanan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali mengadakan Parade Cinta Tanah Air 2017 dengan Lomba Diskusi Mahasiswa dan Pelajar SLTA/ Sederajat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017 yang akan diadakan selama 3 (tiga) hari, 25 hingga 27 Juli 2017 di Hotel Aksi.

Bertemakan, Dengan Semangat Bela Negara Generasi Muda Mampu Mengatasi Pengaruh Radikalisme, Terorisme dan Pengaruh Negatif Media Bahaya Narkoba, kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen dalam menumbuh kembangkan jiwa nasionalisme, persatuan dan kesatuan.

Saat pembukaan lomba (25/07), Syafrudin, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik yang mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan bahwa Pemuda adalah bagian generasi penerus bangsa harus tanggap terhadap berbagai permasalahan yang berkembang di masyarakat. Diantaranya, menjadi kontrol sosial dengan berperan aktif mengawal generasi muda untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

Selain itu mengambil peran aktif dan strategis dalam memberdayakan lembaga-lembaga kemasyarakatan agar radikalisme, terorisme dan peredaran narkoba tidak terus berkembang. “Sebab ini akan mengancam eksistensi dan kedaulatan Bangka Indonesia.” Tegasnya.

Dengan lomba diskusi dalam Parade Cinta Tanah Air ini, Syahrudin berharap dapat menjadi wahana yang positif bagi lingkungan pendidikan, khususnya para pelajar dan mahasiswa se Babel sebagai peserta. “Ini untuk meningkatkan kualitas pribadi dan ajang mengasah olah fikir dan adu argumen.” Ungkap Syahrudin saat Menyampaikan sambutannya.

Selain itu, syahrudin juga berharap program seperti ini dapat memberikan kesan moral kepada pelajar dan mahasiswa tentang pentingnya kesadaran bela negara dan rasa cinta tanah air. “Gunakan kesempatan ini untuk mengaktualisasikan diri, menimba ilmu agar berkualitas untuk kemajuan bangsa, kesejahteraan dan mandiri.” Ungkapnya.

Ditemui dalam acara pembukaan, Drajat HP Kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan Bangka Belitung mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu program dari Kemhan dengan tujuan bagaimana membentuk karakter pada generasi muda khusus nya dari lingkungan pendidikan.

Selain itu bagaimana para pelajar dan mahasiswa memiliki kepekaan atas fenomena yang terjadi. “Sebab mereka adalah generasi emas yang harus dibentuk dan menjadi agen-agen dilapangan minimal untuk lingkungannya.” Ungkapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp