Kenaikan Pemasukan Dana Zakat Signifikan, 3900 Kaum Duafa Kebagian Rezeki Ramadan

PANGKALPINANG -- Selama Ramadan tahun ini Baznas Bangka Belitung akan menyalurkan dana untuk kaum duafa senilai Rp1,365 miliar. Jumlah tersebut lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Penyaluran santunan bagi kaum duafa akan terus dilanjutnya di bulan-bulan berikutnya. 

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan, dana hasil zakat yang akan disalurkan pada Ramadan tahun ini sekitar Rp1,365 miliar. Jumlah ini sangat signifikan, mengenai asal zakat tidak hanya berasal dari ASN saja. Pasalnya ada juga dana zakat dari kalangan masyarakat lainnya.

"Kita mensosialisasikan untuk membayar zakat. Kita terus menggugah masyarakat yang belum membayar zakat," kata Gubernur Erzaldi usai berbuka puasa bersama anak panti asuhan di Rumah Dinas Gubernur Babel, Jumat (18/5/2018).

Selama Ramadan tahun ini, Baznas menyalurkan bantuan untuk 3900 kaum duafa. Sementara anak panti asuhan yang menghadiri kegiatan berbuka puasa bersama mendapatkan bantuan berupa perlengkapan sekolah dari pemprov dan uang santunan dari Baznas.

Saat pelaksanaan Safari Ramadan nanti, Gubernur Erzaldi mengajak anggota dewan untuk ikut menghadiri. Ia mengatakan, saat di lokasi Safari Ramadan akan diberikan kesempatan berdialog langsung dengan masyarakat. "Anggota dewan bisa hadir sesuai dengan daerah pemilihannya," harapnya.

Menurut Ketua Baznas Babel Sofyan Tsauri, diperkirakan ada sekitar 72 ribu kaum duafa di Bangka Belitung yang berhak mendapatkan santunan. Baznas akan terus memberikan santunan sampai masyarakat Bangka Belitung tidak lagi mau menerima santunan. 

Dana zakat yang dikumpulkan berasal dari kalangan ASN, pedagang, kalangan profesional serta dari kalangan masyarakat lainnya. Masyarakat di Bangka Belitung disarankan untuk mengambil bagian mengentaskan kemiskinan dengan membayar zakat.

"Jika masyarakat kita sudah terbebas dari kemiskinan, itu merupakan prestasi besar," jelasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Adi Tri Saputra