Kesbangpol dan Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Gelar Evaluasi Kerja Bersama

PANGKALPINANG - Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan Monitoring, Verifikasi, dan Evaluasi Rencana Aksi Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2017, bertempat di Hotel Bangka City, Rabu (30/08/2027).

Identifikasi penanganan persoalan sejak dini pada setiap permasalahan yang akan terjadi di Bangka Belitung menjadi fokus pembahasan dalam diskusi Kesbangpol bersama Tim Terpadu Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Kesatuan Bangsa Dan Politik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Drs. H. Tarmin, M.Si mengatakan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mengidentifikasi persoalan yang berpotensi mengganggu kestabilan, ketertiban, dan keamanan di masa mendatang. Hal tersebut diungkapkannya ketika menyampaikan sambutan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Tarmin mengatakan bahwa situasi kondusif sampai sekarang harus dijaga dan dipelihara dengan baik agar tidak terjadi konflik yang dapat mengganggu nilai-nilai kemanusiaan. Dan masyarakat Bangka Belitung diharapkan tetap mengedepankan budi pekerti luhur dan keberagaman untuk menuju masyarakat yang harmonis.

"Kondisi keamanan yang terkendali selama ini di Bangka Belitung harus dirawat dan dijaga agar arah kebijakan yang kita lakukan dapat berjalan sesuai dengan harapan. Komunikasi dan koordinasi setiap lembaga ketika melihat permasalahan akan menjadi penting untuk mengantisipasi potensi konflik sosial," kata Tarmin.

Menurut Tarmin, melalui rapat koordinasi ini diharapkan dapat menentukan arah kebijakan yang akurat dalam merumuskan masalah, mengawasi tindakan yang dapat merugikan masyarakat serta mengevaluasi kebijakan terdahulu demi menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat Bangka Belitung.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Bangka Belitung sebagai upaya meredam konflik sosial, meningkatkan ketahanan ideologi Pancasila di lingkungan masyarakat, mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan karakter anak bangsa dalam rangka menambah wawasan berbangsa dan bernegara.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Erwin
Fotografer: 
Erwin