Ketua Dekranas Pusat Ibu Mufida JK: Pentingnya Sinergi Program untuk Pengembangan Sektor UMKM Kerajinan

PANGKALPINANG  - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Ibu Wakil Presiden RI, Ibu Mufida Jusuf Kalla hari ini Kamis (15/11) bertempat di Hotel Novotel membuka secara resmi kegiatan program sinergitas Kementerian UMKM, Kementerian Perindustrian dengan Dekranas serta TP PKK Provinsi Bangka Belitung yang berfokus pada upaya mengembangkan industri kriya serta kain tradisional tenun cual hasil dari para pengrajin lokal dan pelaku UMKM di Bangka Belitung.

Turut hadir pada acara siang itu, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Hj. Erny Tjahjo Kumolo, Wakil Ketua Harian Dekranas Pusat Triana Rudiantara, Ketua Bidang Pengembangan Usaha Dekranas, ibu I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoa, Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi Rosman, Kepala Kantor BI. Tantan Heroika, Direktur Utama PT. Timah, Tbk. Mochtar Riza Pahlevi Tabrani, pimpinan lembaga/kementerian struktural, unsur FORKOMPIMDA serta pelaku UMKM dan pengurus TP PKK Provinsi Kep. Bangka Belitung, jajaran rombongan dari Kementerian Perindustrian RI dan Kementerian UMKM.

Mengawali sambutannya, Ketua Dekranas Pusat Ibu Mufida JK mengungkapkan bahwa melalui sineritas program antar kementerian dengan prioritas pada pembinaan pelaku usaha UMKM dan pengrajin lokal merupakan sebagai satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan produktivitas dan daya saing produk-produk lokal yang memiliki keunggulan di tengah persaingan global yang semakin ketat dan juga keterbatasan yang dihadapi oleh pelaku usaha UMKM maupun pengrajin.

“Namun berbagai kendala masih terjadi yang dialami oleh para pelaku usaha kecil dan UMKM kerajinan  terutama dalam hal permodalan, pemasaran, teknik produksi dan lain-lain dan juga persaingan di pasar global semakin ketat oleh karena itu diperlukan berbagai upaya nyata untuk mendorong agar pelaku UMKM kerajinan agar lebih giat lagi supaya dapat bersaing dan salah satu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kemampuan SDM untuk mengembangkan produk-produk kerajinan yang berdaya saing sehingga laku di pasaran, oleh karena itu saya menyambut baik penyelenggaran kegiatan sinergi ini dalam upaya meningkat wawasan pelaku UMKM dan pengrajin yang berdaya saing,” tutur Ketua Dekranas Pusat Ibu Mufida Jusuf Kalla.

Ketua Dekranas Pusat  Ibu Mufida JK menambahkan sebagai mitra pemerintah, lembaga Dekranas Pusat dan Dekranasda dijelaskan telah dan terus  melakukan upaya untuk pembinaan dan mengembangkan sektor UMKM kerajinan di seluruh wilayah nusantara yang bersinergi dengan pihak lembaga kementerian dan pemerintah daerah mengingat besarnya potensi dari sektor UMKM kerajinan. 

“Dekranas Pusat dan Dekranasda sebagai mitra pemerintah telah melakukan berbagai program dan kegiatan dalam membina dan mengembangkan UMKM kerajinan di seluruh wilayah nusantara melalui sinergi dengan kementerian terkait dalam melakukan kegiatan pembinaan-pembinaan dan pengembangan UMKM kerajinan, seperti halnya pembinaan dan pengembangan UMKM kerajinan Bangka Belitung mengingat banyak potensi-potensi yang dapat dikembangkan seperti kerajinan logam, kerajinan kriya dan pembinaan bagi pelaku umkm kerajinan tenun cual sebagai satu program prioritas dekranas,“ ungkap Ibu Mufida Jusuf Kalla.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengungkapkan mengenai kondisi sektor usaha kecil dan UMKM di Bangka Belitung yang saat ini mulai tumbuh. 

“Sektor usaha kecil dan UMKM di Bangka Belitung saat ini sedang bangkit-bangkitnya atas peran pembinaan yang dilakukan Dekranas pusat dan Dekranasda,  tim TP PKK dan Kementerian UMKM dan Kementerian Perindustrian termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang telah melakukan pembinaan terhadap UMKM kami adalah melalui program pembinaan UMKM 1001 digital entrepreneur dimana program tersebut menjadi satu stimulus yang mendorong  tumbuhnya entrepreneur-enterpreneur UMKM muda yang berbasis digital,” papar Gubernur.

Lebih jauh Gubernur Erzaldi Rosman juga menyampaikan apresiasi atas inisiasi program pembinaan industri kecil dan UMKM  yang dilakukan Dekranas Pusat serta Dekranasda yang bersinergi dengan kementerian UMKM dan perindustrian dalam melakukan meningkatkan produktivitas  dan pengembangan produk bagi pelaku usaha kecil dan UMKM Bangka Belitung.

“Pelaku sektor usaha kecil dan UMKM di Babel membutuhkan perhatian, melalui sinergi program yang memberikan pembinaan bagi para pelaku usaha kecil dan UMKM ini menjadi energi bagi kami (red: pelaku usaha kecil dan UMKM) yang memberikan semangat bagi usaha kecil dan UMKM di Bangka Belitung ini,“ ungkap Gubernur.

Pada kesempatan tersebut secara khusus Gubernur juga memperkenalkan produk-produk kuliner khas makanan daerah yang menjadi unggulan dan merupakan hasil produksi dari sektor usaha kecil dan UMKM Bangka Belitung yang beranekaragam dan menjadi icon dari Bangka Belitung kepada para tamu undangan dan sekaligus pemberian bantuan kepada pelaku usaha kecil dan UMKM. Acara siang itu pun ditutup dengan peragaan busana yang menampilkan busana bermotifkan kain tenun cual  karya pelaku UMKM kerajinan Babel dan dilanjutkan dengan kunjungan Ibu Wapres Mufida Jusuf Kalla dan rombongan menuju pameran UMKM Bangka Belitung yang mencakup pameran kerajinan kain tenun cual dan pameran kriya khas Bangka Belitung di Mahligai Serumpun Sebalai. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Tulus ( Biro Humas dan Protokol Sekda Provinsi Kep. Babel)