Ketua Dekranasda Babel Hadiri Pameran Kriya Nusa 2017

Jakarta, --- Sebanyak 381 (tiga ratus delapan puluh satu) stand pameran berasal dari Deskranda se Indonesia beserta Lembaga / Kementerian mengikuti Pameran Kriya Nusa 2017. Pameran tersebut berlangsung sejak 27 hingga 01 November 2017, bertempat di Jakarta Convention Center. Presiden RI, Ir. Joko Widodo didampingi Ibu Negara bersama Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Ibu Mufidah Jusuf Kalla menghadiri sekaligus meresmikan perhelatan karya kreasi anak negeri, pada Rabu (27/9/2017).

Dalam kesempatan tersebut Presiden katakan para perajin nusantara adalah usahawan luar biasa karena mampu membuat masyarakat asing melirik serta datang ke negeri kita untuk mendapatkan hasil kreativitas luar biasa karya anak bangsa. "Saya merasa bangga atas kreativitas anak bangsa dalam menghasilkan suatu produk kerajinan sehingga masyarakat mancanaega merasa kagum atas karya anak bangsa," ungkap Presiden Joko Widodo.

Salah satu strategi ampuh untuk dapat mengembangkan serta memajukan sektor kerajinan sehingga produk yang dihasilkan dapat tersebar luas tiada batas adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.

Menurut Presiden, anugerah yang diberikan kepada nusantara yang terdiri dari aneka keragaman budaya, suku, menjadikan keunikan tersendiri bagi Indonesia sehingga mampu memunculkan aneka produk menarik," terang Presiden RI saat membuka pameran. Selanjutnya, Presiden mengajak pengrajin agar dapat saling bekerjasama dalam mengembangkan kerajinannya serta membangun kelompok untuk saling mendukung satu sama lain agar tujuan kerajinan dapat dicapati dengan lebih efisien dan efektif .

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Dewan Kerajinan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hj. Melati Erzaldi dan Ketua Dekranas Provinsi se-Indonesia. Terlihat pula pada pembukaan pameran tersebut Ibu Ani Susilo Bambang Yudhoyono danIbu Tuti Tri Sutrisno, serta Menteri Kabinet kerja. Dalam kesempatan selanjutnya, Presiden menyerahkan Dekranas Award bagi pengrajin atas apa yang telah dihasilkan dengan memanfaatkan anugerah sumber alam yang ada di Bumi Nusantara.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Firmansyah
Fotografer: 
Firmansyah