Ketua IJTI: Manfaatkan Media Untuk Promosi Daerah

SUNGAILIAT - Ketua  Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pusat Indria Purnama Hadi menjelaskan bahwa media sosial sebagai media baru yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosilan pariwisata di Bangka Belitung.

Hal tersebut disampaikan Indria ketika menjadi pembicara pada seminar Jurnalis Kebebasan di Ruang Pertemuan Pantai Tongachi, Sungailiat Bangka pada Kamis (02/11/2017).

Data LKBN Antara menyebutkan bahwa pada 2016 yang memanfaatkan media sosial berjumlah 43.000 pengguna, Menurut Indria fenomena tersebut menjadikan televisi sebagai media klasik atau kuno karena sifatnya tidak interaktif, ditambah adanya fakta bahwa pengguna televisi juga menonton televisi melalui internet.

"Dengan kuatnya pengaruh media sosial saat ini sebaiknya kita dapat bijak menggunakan media tersebut untuk hal positif. Misalnya dimanfaatkan untuk mempromosikan wisata di daerah kita sehingga orang yang berada diluar daerah kita dapat melihat pesona daerah kita melalui postingan yang diberikan," ungkap Indria.

Selanjutnya Indria mengungkapkan bahwa media baru tersebut dapat dikelola oleh penggunanya untuk mendapatkan sisi positif, seperti menjadi blogger dan menyebarkan informasi yang bermanfaat kepada sesama pengguna media sosial.

Kepala Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sudarman, saat memberikan sambutan berharap kepada Ketua IJTI Bangka Belitung dapat terus selalu bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam memberikan informasi.

Selain itu Kadis Kominfo juga berharap agar media televisi yang ada di Bangka Belitung dapat memperkenalkan dan menayangkan potensi wisata yang ada serta terus memberikan informasi tentang Bangka Belitung agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Adit