Ketua Tim Penggerak PKK Babel: Tingkatkan Solidaritas Dan Kiprah PKK

PANGKALPINANG – Pembukaan Jambore Daerah Tim Penggerak PKK Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017 dilaksanakan di depan kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (07/09/2017). Sebanyak 7 (tujuh) tim PKK yang berasal dari 6 (enam) Kabupaten dan 1 (satu) kota berpartisipasi memeriahkan acara tersebut. Jambore tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari, dimulai dari tanggal 7 hingga 8 September 2017 bertempat di depan halaman kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dan Sekretariat Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Acara jambore ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi diantara seluruh kader PKK se-Provinsi Bangka Belitung, sebagai bentuk penghargaan bagi seluruh kader PKK dalam membantu program PKK , serta untuk mengembangkan wawasan dan kreatifitas para kader PKK.

Panitia penyelenggara Jambore Daerah Tim Penggerak PKK Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017, Hj Eti Astina Pujalasari mengatakan pada jambore ini ada beberapa jenis lomba yang dipertandingkan, diantaranya perlombaan Defile dengan yel-yel, Paduan Suara, Fashion Show Busana Kerja Khas Batik Bangka Belitung, 10 (sepuluh) Program Penyuluhan PKK, dan Cerdas Cermat Kader PKK. Kemudian Lomba Gembira yang terdiri dari Senam Lansia, Tebak Kata, Bakiak, dan Joget Balon.

Saat pembukaan acara jambore tersebut, setiap tim yang mewakili daerahnya menampilkan karya-karya penuh kreatifitas dengan memanfaatkan bahan daur ulang yang diubah menjadi tas, pakaian jadi, kostum, maupun topi. 

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Hj Melati Erzaldi pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa melalui Jambore Kader PKK Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017 diharapkan dapat meningkatkan solidaritas dan kiprah PKK yang berdaya dan sejahtera di Bumi Serumpun Sebalai.

Melati Erzaldi mengatakan pada jambore tahun ini akan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada para kader PKK selama satu hari. “Pada acara diklat nanti akan diadakan renungan malam yang bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan diharapkan akan semakin meningkatkan keakraban antara seluruh kader PKK,” kata Melati.

Melati juga berharap kepada para kader PKK agar dapat berlomba dengan sportifitas yang tinggi serta dapat menunjukkan prestasi terbaik. “Mudahan-mudahan pemenang jambore kader PKK Tingkat Provinsi ini akan diikutsertakan dalam kegiatan lomba Jambore Kader PKK Tingkat Nasional Tahun 2017,” harap Melati. Untuk Jambore Kader PKK Tingkat Nasional Tahun 2017 nanti akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 2-4 Oktober 2017.

Dalam kesempatan yang sama Plh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, K.A. Tajuddin menyampaikan sambutan yang mewakili Dewan Pembina Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Plh Sekda Babel mengapresiasi tim penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama panitia yang telah menyelenggarakan acara jambore. Karena acara tersebut merupakan hasil kerjasama dan koordinasi yang baik dari seluruh unsur tim penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. “Terus pupuk dan jalin hal-hal baik yang telah berjalan sehingga tim penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat terus berkiprah dan memberikan yang terbaik bagi Provinsi Babel,” ujar Tajuddin.

Lebih jauh Plh Sekda Babel mengungkapkan bahwa tim penggerak PKK merupakan mitra Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menjadi ujung tombak dalam pembangunan dan memberdayakan masyarakat. “PKK sebagai organisasi yang berhubungan langsung dengan keluarga memiliki andil yang sangat besar dalam membina dan memaksimalkan anggota keluarga melalui kadernya, karena keluarga merupakan pondasi awal dan modal dasar pembangunan dalam lingkungan sosial manusia,” tutup Tajuddin.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
khalimo
Fotografer: 
Khalimo