Ketua Tim PKK Babel Dorong Setiap Daerah Untuk Berinovasi

Pangkalpinang – Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 45 tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung digelar di lapangan bola Desa Padang Baru, Bangka Tengah, Rabu (06/09/2017). Acara tersebut turut mengundang masyarakat setempat, Forkopimda, dan juga siswa-siswa sekolah.

Dalam sambutannya, Ketua Tim PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hj. Melati Erzaldi menyampaikan bahwa tim penggerak PKK harus produktif,  dapat memompa semangat dan memelihara motivasi kader PKK. “Karena dalam situasi apapun, dan kondisi bagaimanapun kita sebagai insan relawan yang dengan sadar mengabdikan diri untuk kepentingan peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat secara keseluruhan,” ujar Melati mengawali sambutannya.

Melati berharap dengan momentum Hari Kesatuan Gerak PKK ke 45 Tahun 2017, secara berjenjang agar dapat menyusun aksi dan akselerasi program-program PKK.

Ibu Gubernur juga menyampaikan bahwa akselerasi program-program PKK masih sangat dibutuhkan. “Selama ini kita melaksanakan 10 program pokok PKK secara normatif, bahkan cenderung merupakan rutinitas. Padahal perkembangan program masyarakat maupun program pemerintah berkembang begitu pesat dan sangat bervariasi,” ungkapnya.

“Saya selalu mendorong kepada setiap daerah agar senantiasa berinovasi mengembangkan kreatifitas program sesuai dengan potensi dan kebutuhan masing-masing daerah, maka terus tumbuhkan ide-ide inovatif,” lanjut ibu Gubernur.

Ketua Tim PKK Bangka Belitung ini juga menyampaikan bahwa sejumlah program kerja sama yang dipayungi dengan Memorandum of Understanding (MOU) dengan beberapa Kementerian dan Lembaga sudah dilakukan oleh PKK Babel, seperti MoU dengan Kementerian Pertanian, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi dan lainnya.

Dalam setiap pelaksanaan program PKK, ibu Gubernur juga menghimbau agar sedapat mungkin mengurangi program yang bersifat seremonial. “Saya menghimbau agar pelaksanaan program yang seremonial sedapat mungkin dikurangi, sudah saatnya kita perlu mengimbangi prinsip kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan program-programnya, yakni kerja kerja dan kerja,” imbau Melati.

Dengan program yang seperti itu, Melati pun sadar bahwa sangat diperlukan kesiapan dalam hal teknis dan manajemen pada segenap jajaran tim PKK. Karena itu Melati merasa perlu untuk membuat program pelatihan teknis dan manajemen sesuai kepentingan untuk jajaran penggerak tim PKK.

“Agar setiap jenjang PKK menjadi tahu dan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya,” ujar Melati.

Melati berharap kepada para tim penggerak PKK agar dapat melakukan evaluasi terhadap apa  yang telah dilakukan selama ini agar kinerja dapat terukur apakah mengalami keberhasilan tidak dalam kegiatan PKK. Karena itu Melati membutuhkan dukungan dari segenap jajarannya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
khalimo
Fotografer: 
Khalimo