KIM Belitung Ikut Umumkan Lowongan Pekerjaan

 Tanjungpandan – Aktivitas Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Belitung sudah memberikan dampak positif bagi masyarakat. Salah satu kegiatan dilakukan yakni, memberikan informasi terkait peluang kerja. Tak sedikit masyarakat sudah mendapat pekerjaan setelah membaca informasi yang disajikan. Salah satu peluang kerja yang diinformasikan mengenai kesempatan menjadi anggota TNI dan Polri.

Zaindra Jaya Lurah Kampung Damai mengatakan, KIM yang berada di kelurahan sudah aktif memberikan informasi kepada masyarakat. Kelurahan ini merupakan hasil pemekaran dari Kelurahan Parit. Adapun luas kelurahan sekitar 59,23 hektare dengan jumlah penduduk 4,614 jiwa. Di sebelah utara kelurahan ini berbatasan dengan Kelurahan Tanjungpendam.

 “Sedangkan di bagian selatan berbatasan dengan Kelurahan Kota, sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Parit dan sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Paal Satu. Ada sekitar 1600 kepala keluarga di kelurahan kita,” jelasnya saat simulasi pembuatan berita pada Kegiatan Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat di Ballroom Tanjungpendam, Aston Belitung, Kamis (29/5/2015).

Lebih jauh ia menjelaskan, KIM di kelurahan ini secara resmi tertuang dalam surat keputusan tertanggal 5 Januari 2015 dengan nama KIM Pelita Damai. Kegiatan yang telah dilakukan yakni melakukan kerja sama dengan kepolisian untuk menyebarkan informasi mengenai penerimaan bintara Polri.

“Kita juga melakukan kerja sama dengan TNI untuk menyebarkan informasi penerimaan bintara TNI,” ungkapnya.

Menyinggung mengenai potensi wisata, Yusuf Kamarudin Kepala Desa Suak Gual menjelaskan, terdapat mercusuar di Tanjung Lancor yang dapat menjadi destinasi wisata. Mercusuar tersebut berdiri sejak tahun 1883. Namun tak hanya itu, sebab terumbu karang di sekitar tanjung juga sangat menarik. Hanya mengeluarkan uang sekitar Rp500.000 wisatawan bisa mengunjungi Tanjung Lancor.

“Dari pelabuhan di Belitung, wisatawan bisa menggunakan kapal. Waktu yang dibutuhkan sekitar tiga jam dan uang sewa kapal sekitar Rp500.000. Kapal sewaan ini dapat mengangkut puluhan orang. Untuk potensi wisata budaya, Desa Suak Gual juga mempunyai kesenian daerah Kelakar Campo,” jelasnya.

Sementara Wawan Albasrah Ketua KIM Tanjung Lancur menjelaskan, KIM Tanjung Lancur sudah melaksanakan kegiatan memberikan informasi mengenai pertanian serta pendidikan. Sedangkan untuk menunjang sektor pariwisata, KIM berupaya mengenalkan potensi mercusuar Tanjung Lancor. Jika wisatawan ingin membawa oleh-oleh, bisa membeli kerupuk tanpa pengawet buatan masyarakat sekitar.

“Kita juga mengenalkan tempat-tempat memancing dan festival Nanggok Siro,” jelasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari