KIM Harus Memberi Informasi Berguna

Tanjungpandan – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) disarankan tidak mempengaruhi masyarakat memilih satu kelompok atau kelompok tertentu dalam pilkada. Melainkan KIM harus menjadi kelompok masyarakat pemberi dan pengelola informasi bermanfaat dan berguna tentang pelaksanaan pilkada tersebut.

"KIM jangan ikut mempengaruhi masyarakat untuk memilih calon dalam pilkada. Kegiatan yang dilaksanakan KIM harus berdasarkan hukum dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Noviar Ishak Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada kegiatan Pemberdayaan KIM di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Kamis (28/5/2015).

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, KIM Pelita Damai, KIM Tanjong Lancor, KIM Mendanau dan beberapa kelompok KIM yang masih dalam tahap proses pembentukan. Sebagian besar KIM di Kabupaten Belitung telah melaksanakan fungsinya, salah satunya yaitu menginformasikan lowongan pekerjaan kepada masyarakat.

KIM yang terbentuk di Belitung harus legal. Lebih jauh Noviar mengatakan, sehingga bisa berkoordinasi dan menjalin mitra dengan pemerintah sebagai perpanjanganan tangan pemerintah dalam menyampaikan informasi pembangunan bagi masyarakat. Informasi yang disampaikan dan dikelola KIM bisa saja dijadikan kebijakan publik yang bermanfaat bagi orang banyak.

Peranan pemerintah dalam KIM hanya sebagai fasilitator. Ia menambahkan, pemerintah hanya sebatas mengarahkan dan melakukan pemberdayaan dan peningkatan KIM yang ada di setiap daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kendati demikian, KIM jangan memberikan informasi yang salah dan dapat memecah belah kelompok masyarakat.

Sementara Khairul Anwar Ketua Pelaksana Kegiatan Pemberdayaan KIM mengatakan, kegiatan pemberdayaan kelompok informasi masyarakat bertujuan memberdayakan kelompok dalam mengumpulkan, mengelola dan menyebarkan informasi. Selain itu dapat menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok lain.

"Pemberdayaan KIM mewujudkan masyarakat aktif, peka dan memahami informasi. Selain itu mampu mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah. Memberdayakan kelompok dalam mengumpulkan, mengelola dan menyebarkan informasi yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat,” tegasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Chandra
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari