KIM Ujung Tombak Diseminasi Informasi

Manggar - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung, Hartoyo, secara resmi membuka acara kegiatan Pembinaan Dan Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), bertempat di Guest Hotel, Manggar pada Selasa (10/10/2017).

Hartoyo menjelaskan KIM merupakan mitra dialog pemerintah yang memiliki nilai strategis untuk menyebarluaskan informasi yang baik kepada masyarakat. "Kita semua menyadari bahwa ada perubahan paradigma pembangunan, maka pengelolaan KIM juga perlu menyesuaikan prinsip-prinsip Good Governance dan pengembangan demokrasi," ujar Hartoyo.

Menurut Hartoyo, tantangan KIM akan semakin besar karens masifnya informasi atau berita yang berisi kebohongan, ujaran kebencian ataupun hujatan."Tugas KIM sangat berat, karena itu saya berharap KIM menjadi garda terdepan dalam menyaring informasi yang baik," ujar Hartoyo.

Narasumber pada acara tersebut, yaitu Ahmad Fauzan Syahzian dari Dinas Kominfo Provinsi Kep.Bangka Belitung, menyatakan KIM harus peka terhadap segala bentuk informasi yang berada di masyarakat. KIM harus mengembangkan dan memberdayakan anggota dan masyarakat agar dapat mrmilah dan memilih informasi yang dibutuhkan, serta sebagai wahana informasi.

"Kita berharap konsep ADINDA dapat diterapkan kepada KIM di Belitung Timur, yaitu Akses informasi, Diskusi Informasi, Implementasi Implementasi, Networking, Diseminasi dan Aspirasi. Semuanya akan berhasil apabila semua element mampu bekerjasama dalam mengoptimalkan peran KIM," kata Fauzan.

Menurut Fauzan, berhasil tidaknya KIM dibentuk ditentukan oleh komitmen, sumber daya yang tersedia serta kelembagaan yang independen. "Pemerintah hanya mengkoordinasikan pelaksanaan KIM serta memfasilifasi aktivitas KIM, serta berupaya membantu meningkatkan kapasitas SDM anggota KIM. Kita berharap KIM mampu membangun jejaring dengan baik agar KIM dapat menjadi lembaga yang memiliki nilai ekonomi," jelas Fauzan.

Pembinaan dan pemberdayaan KIM di Kabupaten Belitung Timur mengundang unsur kecamatan, perangkat desa, karang taruna dan PKK yang berasal dari 3 (tiga) kecamatan yaitu Kecamatan Manggar, Renggiang dan Gantong.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ahmad Fauzan Syahzian