Komisi IX DPR RI melakukan kunjungan kerja Bangka Belitung

Pangkalpinang - Wakil gubernur kepulauan  bangka belitung, Rustam Effendy  hari ini, selasa , 23/4 menerima kunjungan kerja 19 anggota DPR RI dari komisi IX.  Konsentrasi utama dalam kunjungan kerja anggota legislative dari komisi IX yang diketuai oleh Ribka Tjiptaning tersebut hari ini  memiliki agenda utama diantaranya  dengar pendapat dengan pemerintah pusat maupun daerah – membidangi kependudukan, kesehatan, tenaga kerja dan transmigrasi - terkait kesiapan dalam melaksanakan program system jaminan kesehatan nasional  yakni BPJS kesehatan dan  yang akan mulai diterapkan pada 1 januari 2014 dan terkait ketenagakerjaan khususnya di Bangka Belitung.

Dari hasil pantauan,  dengar pendapat  kesiapan pelaksanaan system jaminan kesehatan BPJS selain dilakukan dengan pemerintah pusat dan provinsi melalui - kementerian kesehatan RI, dinas kesehatan dan dinas tenagakerja dan transmigrasi pemerintah provinsi kepulauan bangka belitung-  juga dengan pihak mitra kerja komisi IX DPR RI lainnya yakni dengan PT ASKES, PT JAMSOSTEK.  Adapun konsentrasi utama pembahasan perihal BPJS diantaranya terkait sistem prosedur BPJS, sosialisasi persiapan pendataan bagi para peserta jamkesmas dan jamkesda ke system jaminan kesehatan BPJS.

Terkait dengan ketenagakerjaan konsentrasi pembahasan seputar pemberlakukan UMP (upah minimum provinsi),  regulasi dan pengawasan yang dilakukan pemda bagi perusahaan outsourching di daerah dan dengar pendapat terkait upaya yang dilakukan pemda dalam meminimalisir persoalan ketenagakerjaan di daerah.  Acara dengar pendapat yang diakhiri pada pukul 14:00 WIB tersebut, dilanjutkan dengan kunjungan kerja komisi IX DPR-RI ke RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang.(sm/melz/TMC)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani Marpaung