Komunikasi Sosial Korem 045/Gaya, Kasrem: Ini Pentingnya Wawasan Nusantara

PANGKALPINANG -- Kepala Staf Korem (Kasrem) 045/Garuda Jaya Letnan kolonel Inf Uchi Cambayong menekankan pentingnya wawasan nusantara. Pasalnya saat ini banyak keinginan dari luar untuk membuat keruh suasana di Indonesia. Kendati Bangka Belitung relatif aman, namun kewaspadaan tetap tinggi.

Semua elemen diharapkan dapat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Uchi Cambayong menambahkan, untuk menciptakan kondisi yang kondusif perlu ada komunikasi antar lembaga. Sehingga tercipta hubungan harmonis dan sinergi.

"TNI bersama aparatur pemerintah bersama memperjuangkan pembangunan demi tegaknya NKRI," kata Uchi Cambayong saat kegiatan Komunikasi Sosial dengan Aparatur Pemerintah di Aula Kodim 0413/Bangka, Pangkalpinang, Rabu (19/6/2019).

Menurut Uchi Cambayong, setiap permasalahan yang timbul dapat segera diantisipasi dengan terus berkomunikasi. Kondisi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung aman terkendali, namun tak boleh lengah dan tetap waspada.

Kekuatan asing mengincar Indonesia. Uchi Cambayong memaparkan, terdapat skenario sangat sistematis dengan melakukan proxy war pelemahan ketahanan nasional Indonesia dari masa ke masa secara bertahap dan halus. Pelemahan itu meliputi semua bidang.

Lebih jauh Uchi Cambayong menjelaskan, ada pelemahan dari sisi ekonomi, politik hingga peraturan perundangan. Selain itu di bidang sejarah, media informasi serta berupaya menggeser watak perilaku bangsa dan gaya hidup.

Sendi-sendi kehidupan bangsa dimasuki. Dikatakan Uchi Cambayong, semua bergerak dalam rangka mengamankan setiap kepentingan user di Indonesia. Salah satu contoh, ada rekayasa gejolak kerusuhan di Indonesia. Sehingga masyarakat menjadi saling benci dan curiga.

"Kita dijauhkan dari sifat asli Bangsa Indonesia sebagai pejuang, militan, pemberani, kuat, kompak, suka bermusyawarah serta berjiwa gotong-royong. Kita jangan dilemahkan oleh kekuatan asing," tegas Uchi Cambayong.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Editor: 
Padli