KPK Gelar Workshop Lanjutan Pembentukan Tunas Integritas Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Babel

 

Pangkalpinang – Direktorat Pendidikan Dan Pelayanan Masyarakat Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini Senin (28/7/2017) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali mengadakan workshop Pembentukan Punas Integritas Bagi Pejabat Strukural Esselon III di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sebelumnya telah dilakukan untuk pejabat struktural Esselon II Pemerintah Provinsi pada bulan Juni 2017 yang lalu.  

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, K.A. Tajuddin yang mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Dalam sambutannya, Tajuddin mengungkapkan bahwa melalui pelaksanaan workshop sebelumnya dan pelaksanan workshop lanjutan hari ini dapat menjadi bekal dan acuan bagi Aparatur Sipil di daerah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam melakukan pelayanan publik ditengah tantangan yang ada.

“ Kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang sudah pernah dilakukan sebelumnya yang difasilitasi oleh KPK dalam rangka workshop tunas integritas dimana pada saat itu hanya diikuti oleh pejabat esselon II dan kita sudah banyak dibekali bagaimana cara menjaga dan membangun integritas kita sebagai ASN dan harapannya bekal tersebut betul-betul dapat terimplementasi dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai ASN "ungkap Plh. Sekda Tajuddin .

Melalui workshop lanjutan ini Tajuddin mengungkapkan kedepan diharapkan seluruh jenjang ASN di lingkungan pemerintah provinsi memiliki pemahaman yang sama dalam menjaga integritas ASN di lingkungan pemerintah provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“ Harapannya tentu pada saatnya nanti seluruh ASN akan mendapatkan bekal yang sama dengan bahasa gubenur bahwa kita memiliki pemahaman dan frekuensi yang sama dalam menjaga integritas ASN,” tegas Tajuddin.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan workshop siang itu Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Provinsi kepulauan Bangka Belitung, Budiman Ginting,  Anto Ikayadi selaku pejabat fungsional KPK, para pejabat Esselon II di lingkungan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung dan 40 peserta workshop yang merupakan pejabat esselon III di lingkungan Pemprov Bangka Belitung.

Sementara itu Anto Ikayadi selaku pejabat fungsional KPK yang siang itu menjadi narasumber dalam pelaksanaan workshop lanjutan kepada tim babelprov.go.id menjelaskan bahwa pelaksanaan workshop merupakan satu agenda dan program strategis KPK dalam mencegah terjadinya KKN di lingkungan pemda.

“ Workshop ini merupakan satu bagian dari rencana strategis KPK dalam mencegah masalah KKN. Saat ini kondisinya syitem integritas di negeri kita sudah sangat canggih, namun sistem untuk menjaga ASN untuk mencegah terjadinya masalah KKN ini masih lemah. Untuk itu yang dilakukan oleh KPK adalah mendorong integritas dan dikemudian hari diharapkan menjadi budaya dengan dimulai dari level pimpinan hingga nantinya ke bawahan,” tegas Anto

Besarnya tantangan yang harus dihadapi oleh ASN terhadap pengaruh KKN merupakan latar belakang pelaksanaan program workshop dan menjadi program strategis dan prioritas dari KPK guna memberikan penguatan kepada para ASN.

“ Membangun integritas itu jika digambarkan tidak seperti membangun fisik, karena yang dibangun itu  karakter, moral, nilai. saya luruskan diawal bahwa ini bukan sekedar kegiatan sosialisasi, namun workshop ini bagian dari pada internalisasi yaitu membangun sikap secara permanen”, ungkap Anto

Lebih jauh, Anto juga menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan workshop ini juga sebagai cara KPK dalam mengingkatkan akan tantangan dan bahaya masalah KKN yang bisa dialami oleh setiap ASN dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di dalam melaksanakan tugas dan pelayanan publik.

“ Pesan moral dari KPK dalam pelaksanaan workshop ini adalah untuk mengingatkan bahaya masalah KKN. Dan melalui kegiatan juga ini kami akan memberikan materi mengenai bagaimana ASN bisa terhidar dari pengaruh negatif KKN dan kami juga akan memberikan informasi bagaimana menghindari dari pengaruh negatif itu,” tegas Anton

Adapun pelaksanaan workshop yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut akan diisi dengan beberapa materi diantaranya terkait materi membangun integritas dan sejumlah kegiatan simulasi.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
stevani
Fotografer: 
stevani