Kualitas Hidup Perempuan Meningkat

Pangkalpinang – Kendati kesetaraan gender belum optimal, namun telah terjadi peningkatan kualitas hidup kaum perempuan. Hal tersebut ditandai kiprah perempuan dalam berbagai posisi strategis di bidang ekonomi, politik, hukum, pemerintahan, pertahanan dan keamanan.

Sahirman Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, potensi kaum perempuan cukup besar. Seiring peningkatan kualitas hidup kaum perempuan mendapatkan peran sama dengan kaum laki-laki. Untuk itu kualitas perempuan perlu ditingkatkan dan diberi peluang dalam pembangunan.

“Bekali perempuan dengan kemampuan dan keterampilan untuk berperan bersama dengan kaum laki-laki,” kata Sahirman saat perayaan HUT ke 17 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di lantai III, Kantor Gubernur, Rabu (7/12/2016).

Sebagaimana diketahui, peringatan HUT ke 17 Dharma Wanita Persatuan tahun ini mengusung tema "Penguatan Kualitas Isteri ASN Menuju Ketahanan Keluarga".  Tema ini dinilai sangat relevan dalam menempatkan kaum perempuan sebagai mitra strategis laki laki dalam pembangunan.

Pemerintah  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah memberikan kesempatan tersebut. Ia mengapresiasi atas keterlibatan kaum perempuan dalam mendukung pembangunan. Pasalnya ke depan masih banyak peluang dan tantangan pembangunan.

Tantangan menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dipandang sebagai peluang dan wadah meningkatkan ekonomi kreatif. Menurut Sahirman, organisasi Dharma Wanita Persatuan perlu dikembangkan secara modern dan profesional untuk memperkuat peran perempuan.

Keberadaan perempuan dalam pembangunan bangsa membantu pemerintah melaksanakan program kemasyarakatan di lapangan. Sahirman berharap ke depan kaum perempuan dapat sukses dalam karier atau pekerjaan apapun. Selain itu, perempuan juga sukses membina keluarga.

“Ini adalah amanah dan tanggung jawab istri aparatur sipil negara sebagai pelaku ekonomi keluarga," tegas Sahirman.

Yani Yan Megawandi Ketua DWP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, sebagai salah satu organisasi masyarakat DWP mengambil peran strategis dalam pembangunan nasional. Upaya memberikan kontribusi penuh terhadap program nasional dilakukan mulai tingkat pusat sampai kelurahan.

Tahun depan organisasi DWP berkeinginan melakukan pengembangan, menyiapkan program kerja prioritas untuk mendukung kesuksesan MEA.  Ia menambahkan, perempuan mempunyai kepedulian menyukseskan MEA dan DWP sudah mendapatkan pengakuan dari pemerintah sebagai mitra kerja.

“Kita mendukung program kerja, sosialisasi kartu Indonesia pintar dan sosialisasi hidup sehat anggota keluarga dan masyarakat. Perempuan harus kritis melihat isu-isu berkembang dan memberikan kontribusi. Kita tidak bisa diam dengan kemerosotan moral, kekerasan seksual terhadap anak dan KDRT,” ungkapnya. 

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra