Kue Rintak Bakal Membanjiri Warung Kopi

 

Pangkalpinang – Kue rintak khas Bangka bakal membanjiri warung kopi. Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan pemilik warung kopi berupaya mengangkat khasanah makanan masyarakat tempo dulu ini. Kerja sama ini dinilai dapat mensinergikan beberapa produk dalam satu kegiatan promosi.

Yan Megawandi Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, kemitraan ini merupakan usaha cerdas mempromosikan produk UKM. Cerdas karena menggabungkan dua ikon khas Bangka yaitu kue rintak dan warung kopi. Kemitraan ini merupakan inisiasi dan difasilitasi Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) UMKM Bangka Belitung.

“Ini bentuk kerja sama yang mensinergikan beberpa produk dalam satu promosi," ucap Yan saat launching Kemitraan UKM Kue Rintak Dengan Warung Kopi di Kota Pangkalpinang, di Warung Kopi TJ Mart Pangkalpinang, Selasa (6/12/2016).

Kerja sama ini merupakan bentuk baru dan perlu diapresiasi. Menurut Yan, kemitraan seperti ini perlu dilakukan di daerah lain seperti di Belitung yang sudah dikenal dengan sebutan 1001 warung kopi. Kerja sama ini memberikan manfaat besar bagi pelaku UKM, sebab sinergi  dua produk mempermudah promosi.

Selain produk kue rintak, kerja sama seperti ini dapat dilakukan dengan produk dan usaha lain. Ini upaya mendongkrak perkembangan sektor UMKM. Sekda mencontohkan, ada iklan promosi minuman khas Indonesia dikombinasikan dengan iklan travel serta produk makanan lainnya. Ke depan perlu dipertimbangkan untuk bekerja sama dengan usaha travel.

“Kombinasi seperti ini menguntungkan. Jika ada tamu, para perusahaan travel bisa bercerita kalau minum kopi sangat cocok dan sedap dinikmati dengan kue rintak," ujar Yan.

Tak hanya memperluas jaringan kemitraan. Yan menyarankan agar ke depan dipikirkan untuk memproduksi kue rintak dengan bentuk lain. Manfaatkan anak-anak muda yang kreatif dalam memproduksi kue rintak agar ada bentuk baru. Agar mendapat perhatian tamu, perlu penampilan kue rintak dengan bentuk menarik.

"Promosikan makan ini dengan memanfaatkan biro travel. Agar kombinasi kue rintak dan kopi bisa menjadi welcome dinner bagi tamu," ajak Yan.

Hasanudin Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, kemitraan ini merupakan usaha pemerintah memberdayakan UKM. Kemitraan seperti ini sangat penting karena menciptakan peluang bisnis dan penjualan produk dari produsen ke konsumen. Selain kemasan menarik, pelaku UKM harus memperhatikan mutu, harga dan distribusi produk.

"Buat agar orang tertarik untuk mengonsumsi kue rintak dengan kopi. Jika nanti UKM sudah maju bisa mempromosikan secara online," saran Hasanudin.

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra