Kunjungi SLB Negeri Pangkalpinang, Sonia Kagumi Hasil Karya Siswanya

PANGKALPINANG- – Sonia mengagumi hasil kerajinan tangan anak-anak Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pangkalpinang, terutama tudung saji. Hal ini diungkapkannya saat melakukan kunjungan ke SLB Negeri Pangkalpinang, Selasa (20/3).

“Kerajinan adik-adik di sini sangat beragam, termasuk tudung saji yang merupakan salah satu kekhasan Bangka Belitung. Saya sangat suka lho dengan tudung saji. Unik, warna-warni, menggambarkan keberagaman yang ada di Bangka Belitung,” ungkap Sonia sambil ikut mewarnai tudung saji bersama anak-anak SLBN Pangkalpinang, di area workshop.

Kunjungan ke SLB N Pangkalpinang ini merupakan salah satu rangkaian dalam agenda “Sonia Pulang Kampung ke Bangka Belitung” yang dimulai sejak kemarin, Senin (19/3). Kedatangan Sonia beserta rombongan disambut oleh bapak-ibu guru SLBN Pangkalpinang yang mengenakan baju kurung berwarna ungu.

Saat memasuki area sekolah, Sonia disuguhi dengan Tari Sambut yang dibawakan oleh penyandang tunanetra dan tunagrahita. Kemudian, Sonia beserta rombongan, didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rivai menuju sentra hasil karya anak-anak SLB N Pangkalpinang, berupa tudung saji, lukisan, kain batik tulis, bros, rajutan, ronce, dan lain sebagainya.

Terkait kunjungan ini, Rivai mengatakan bahwa Sonia sebagai sosok berprestasi generasi muda diharapkan dapat memberi semangat dan motivasi bagi anak-anak muda lainnya, terutama mereka yang berkebutuhan khusus.

“Kita harapkan dengan kehadiran Sonia, dapat memberikan semangat, memotivasi, serta menginspirasi para generasi muda, khusunya bagi anak-anak kita yang berkebutuhan khusus. Agar mereka selalu semangat dalam mengejar cita-cita, tak mengenal putus asa,” ucap Rivai.

Serangkaian acara sederhana telah dipersiapkan oleh SLB N Pangkalpinang untuk menyambut Sonia, diantaranya suguhan penampilan menyanyi, tarian kreasi, hingga penyerahan cindera mata berupa tudung saji.

Sonia yang sempat memberikan sambutan singkat menyampaikan rasa senangnya bisa berkunjung dan berbagi di SLB N Pangkalpinang.

“Perasaan saya sungguh sangat luar biasa, bisa berkunjung dan berbagi dengan adik-adik di sini. Saya berharap kedatangan saya ke sini dapat memberikan semangat dan memotivasi adik-adik semuanya agar tetap rajin belajar, pantang menyerah mengejar cita-cita,” kata Sonia.

Usai bersilahturahim, Sonia mengunjungi kelas batik tulis dan ikut membatik bersama dua siswa. Usai beberapa saat membatik, Sonia berpamitan untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Hutan Pelawan, Desa Namang, Bangka Tengah. Dilanjutkan ke Museum Timah – Pangkalpinang, Rumah Cual Maslina, Bangka Botanical Garden, dan Jembatan Emas.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ernawati Arif (Pranata Humas Disbudpar Babel)
Fotografer: 
Rafiq Elzan
Editor: 
Irwanto