Lada Bangka Terkenal Sejak Dulu, Rasanya Pedas-pedas Gitu..

BOGOR - Komoditas lada putih dari Indonesia sudah terkenal dipasar internasional sejak dulu, yaitu Lada Putih Bangka (Muntok White Pepper). Muntok White Pepper menjadi brand image yang terkenal di perdagangan internasional, karena cita rasanya yang khas dengan rasa yang lebih pedas. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan penghasil dan pengekspor utama komoditi lada putih di Indonesia.

“Lada adalah tanaman yang merakyat di Provinsi Bangka Belitung. Sejak puluhan tahun lada sudah menjadi lumbung kesejahteraan masyarakat Bangka Belitung. Hanya saja 15 tahun terakhir lada sempat ditinggalkan, karena sebagian masyarakat terbujuk oleh kilauan pasir timah,” ungkap Gubernur Babel Erzaldi saat memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), di Kampus IPB, Kamis (15/2/2018).

Gubernur menjelaskan, lada (piper nigrum) merupasalah satu komoditas subsektor perkebunan potensial yang telah memberikan kontribusi nyata sebagai sumber devisa, penyedia lapangan kerja, bahan baku industri dan sumber pendapatan petani. Lada disebut sebagai raja dalam kelompok rempah (King of Spices) dan memiliki kegunaan yang sangat khas serta tidak dapat digantikan dengan rempah lain. Lada merupakan bahan baku industri makanan siap saji, obat-obatan, kosmetik, dan lainnya

Ada beberapa alasan yang menyebabkan komoditas lada memberikan kontribusi penting terhadap perekonomian Indonesia, yaitu konsumsi lada cenderung meningkat, banyak menyerap tenaga kerja, besar peranannya dalam pemanfaatan tenaga kerja, luasnya wilayah pengembangan yang tersedia di Indonesia dan perkebunannya banyak dikelola oleh masyarakat.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari/TKG