Lahan Eks Tambang Kembali Hijau, Buktinya di Desa Bukit Kijang

PANGKALPINANG -- Kini lahan eks tambang Timah di Desa Bukit Kijang Kabupaten Bangka Tengah sudah kembali hijau. Diharapkan hasil penelitian rehabilitasi lahan bekas tambang tersebut jangan dibiarkan, namun harus dimanfaatkan untuk pengembangan lahan pertanian. 

Yanuar Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, tiga tahun setelah melakukan penelitian di lahan eks tambang timah, sekarang lahan tambang sudah hijau kembali. Rehabilitasi lahan ini penting bagi sektor pertanian.

"Pihak perusahaan swasta melalui program CSR bisa memanfaatkan lahan eks tambang untuk melakukan penelitian serupa," kata Yanuar saat FGD pembahasan hasil penelitian lahan eks tambang, di Ruang Tanjung Pendam, Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (5/12/2018).

Pemanfaatan lahan eks tambang bisa untuk mengembangkan tanaman hutan dan tanaman pertanian. Ia menambahkan, penelitian perlu terus dilakukan guna mengembalikan produktivitas lahan eks tambang, selanjutnya bisa bermanfaat bagi sektor pertanian.

Lebih jauh ia menjelaskan, dengan melakukan penelitian tanah eks tambang dapat mengetahui secara pasti tanaman yang bisa dikembangkan di lahan tersebut. Contohnya penelitian di Desa Bukit Kijang Kabupaten Bangka Tengah yang akan berakhir tahun depan.

Langkah selanjutnya, kata Yanuar, melakukan koordinasi dengan dinas terkait seperti Dinas Ketahanan Pangan. Pasalnya ini berpotensi untuk dikembangkan menjadi lahan pertanian, sehingga hasil penelitian tidak hanya meninggalkan nama saja.

"Kita juga akan koordinasi dengan pihak kabupaten dan menyepakati pembagian tugas antara pemprov dan pemkab serta pihak terkait lainnya. Perguruan tinggi juga bisa melakukan penelitian ini. Hasil penelitian sangat bermanfaat bagi masyarakat," tandasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari