Lebih Dari 80 Peserta Delegasi Dari Negara IMT-GT Ikut Site Visit

PANGKAKPINANG, Selain membahas tentang perekonomian dan pengembangan kerjasama antar 3 (tiga) negara dalam ajang pertemuan IMT-GT yang berlangsung sejak 25  hingga 29 September 2017, Panitia Lokal IMT GT  juga menyelipna agenda pariwisata yaitu site visit ke lokasi wisata yang menjadi icon Bangka Belitung.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memanfaatkan moment IMT GT untuk memperkenalkan beberapa destinasi wisata di Babel. Tidak hanya dengan berpromosi audio visual saja, tetapi para delegasi IMT GT asal Malaysia, Thailand dan Indonesia langsung diantarkan ke tujuan destinasi. Disbudpar Babel menyampaikan bahwa panitia lokal menyiapkan 8 (delapan) bus untuk para peserta site visit pada Kamis (28/09/2017) .

Sesuai rencana, site visit dengan tujuan 3 (tiga) destinasi wisata ini berangkat dari Novotel Hotel & Conventions Center dan para delegasi yang ikut serta berjumlah lebih dari 80 orang. 
" Sementara ini, yang ikut serta dalam kegiatan site visit sekitar 80 orang, kemungkinan akan bertambah sebelum keberangkatan," ungkap Ahmad Fajri, Kepala Seksi Promosi Pariwisata Disbudpar Babel yang mengkoordinir pelaksanaan site visit.

Dijelaskan oleh Ahmad Fajri, tempat yang akan dikunjungi adalah lokasi yang menjadi icon Babel, diantaranya Museum Timah dengan nilai sejarah pertimahan di Babel dan dihadirkan juga seorang sejarawan pertimahan Prof. DR. Soetedjo, Jembatan EMAS dengan sistem Bascule dan Pantai Parai di Sungailiat Kabupaten Bangka yang cukup terkenal.
"Di Jembatan EMAS, dipersiapkan atraksi Barongsai yang juga cukup dikenal sebagai kebudayaan Tionghoa dan beberapa UKM serta kuliner asal Babel," tambah Ahmad Fajri.

Ditemui sesaat sebelum keberangkatan rombongan, Fiza salah seorang delegasi asal Malaysia yang ikut agenda site visit mengatakan ketertarikannya mengikuti site visit. Hal ini disebabkan karena ini pertama kali berkunjung ke Babel. Diakuinya bahwa 3  (tiga) destinasi ini belum dikenalnya, tetapi Pantai Parai begitu menarik perhatiannya sehingga ingin berkunjung kesana. "Saya sempat browsing tentang Pantai Parai, pantainya bersih seperti Maldive (Maladewa)," ungkap Fiza.

Selain itu, Fiza juga tertarik pada pantai-pantai di Film Laskar Pelangi. "Sayang sekali, tempatnya di seberang sana (Pulau Belitung)." tambah Fiza.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nonadp
Fotografer: 
Nonadp/ Ahmad Fajri