Lempah Kuning Menjadi Tema Utama Lomba Wisata Usaha Kuliner

SUNGAILIAT– Masakan lempah kuning yang merupakan makanan khas Bangka Belitung, menjadi tema lomba WIsata Usaha Kuliner yang di gelar di Pantai Tanjung Pesona Sungailiat Kabupaten Bangka jam 9 pagi ini. Acara ini diikuti oleh 7 kabupaten/kota. Sabtu (22/4/2017).

Pemilihan makanan lempah kuning menjadi tema lomba wisata usaha kuliner, mengingat lempah kuning memiliki cita rasa dan keragaman yang berbeda-beda di masing-masing kabupaten/kota, dan juga tentu saja makanan ini sangat lekat dengan masyarakat Bangka Belitung, menurut Kepala Seksi ekonomi kreatif Disbudpar Babel Doni Golput.

“Kita mengacu kepada rasa penyajian yang ditampilkan oleh peserta diperlombaan wisata usaha kuliner ini, hidangan ini (lempah kuning) nantinya diuji untuk dinilai oleh dewan juri, dan juga akan disantap oleh para undangan dan pejabat yang turut hadir,” ungkap Doni.

“Kegiatan ini merupakan ajang bersilahturahmi dan juga menggali potensi kuliner Bangka Belitung yang akan menjadi sebuah buku bundle yang akan diterbitkan dari bidang sumberdaya pariwisata, ekonomi kreatif, dan kelembagaan,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Widya Astuti selaku kepala bidang sumber daya pariwasata, ekonomi kreatif, dan kelembagaan menimpali, bahwa acara perlombaan wisata usaha kuliner sudah diminta langsung oleh Kabupaten Bangka yang meminta kegiatan ini mendukung kegiatan sungaliat triathlon 2017 yang diselenggarakan di tempat yang sama.

“Tunjukan ini menjadi kreasi daerah masing-masing, ke-khasan daerah masing-masing. Lempah kuning merupakan makanan khas di seluruh Bangka Belitung, tetapi mungkin disetiap daerah punya ciri khas sendiri. Dengan waktu yang sudah ditentukan, mohon para peserta mengikuti semua prosedur. Karena apabila peserta tidak mengikuti prosedur, maka panitia berhak untuk men-diskualifikasi peserta lomba,” terang Widya kepada para peserta lomba

Dalam acara tersebut, para peserta diberikan waktu selama 30 menit untuk bersiap-siap dengan bumbu dan ikan, untuk semua peralatan masak sudah disediakan oleh panitia, sehingga peserta tidak perlu repot membawa-bawa peralatan sendiri. Sebagai tambahan, Widya mengungkapkan bahwa juara umum dalam perlombaan ini akan mewakili provinsi kepulauan Bangka Belitung untuk ikut di tingkat nasional.(K5)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo Tabarani
Fotografer: 
Khalimo