Literasi Media Diperlukan Untuk Hadapi Kemajuan Teknologi

Koba - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan materi dalam kegiatan yang bertajuk Sosialisasi Literasi (Media dan Digital) bertempat di Gedung Serbaguna SMA Negeri 1 Koba,  Kabupaten Bangka Tengah pada Hari Senin (10/09/18).

Kegiatan sosialisasi literasi yang juga disiarkan secara langsung oleh LPPL IN Radio 97.6 FM merupakan tahapan program dari SMA Negeri 1 Koba yang menjadi sekolah rujukan Kabupaten Bangka Tengah dengan dihadiri oleh para siswa, guru, serta perwakilan orang tua murid ini bertujuan agar masyarakat dapat memahami, menganalisis dan mendekonstruksi sebuah informasi terlebih lagi dengan kemajuan teknologi media komunikasi yang terus berinovasi yang dapat membentuk gaya hidup dan pola pikir seseorang.

Sebagai pemateri pertama adalah Heru Subagio selaku Kepala Seksi Pengelolaan Media Publik mengatakan literasi media dan digital merupakan suatu kebutuhan yang harus dimiliki agar masyarakat mengenal bagaimana sebuah informasi di kontruksikan dan terakses.

"Rendahnya literasi media sosial dalam masyarakat digital menjadi salah satu pendorong maraknya dampak negatif penggunaan internet seperti informasi hoaks, pelanggaran privasi, cyberbullying, konten kekerasan dan pornografi, serta adiksi media digital, " ungkap Heru. 

Sementara itu literasi media terlebih lagi media sosial tidak sekedar belajar melek media tetapi justru seharusnya bagaimana belajar menggunakan media sosial yang ada saat ini untuk proses penyebaran informasi yang baik.

"Belajar dan menyebarkan informasi baik menggunakan media sosial menjadi lebih penting dan mendesak mengingat penggunaan media sosial yang telah menyatu dengan kehidupan masyarakat digital" lanjutnya.

Sementara itu Fitra Mayarini S.ST selaku Kepala Seksi Pengelolaan dan Penyediaan Informasi mengajak para siswa dan siswi untuk menumbuhkan pribadi yang positif sehingga setiap akses informasi yang diterima dapat di analisis dengan baik.

"Literasi media dan digital itu bukan hanya sekedar kita melek dengan akses informasi saja tapi lebih kepada penguatan mental kita untuk bisa memilah mana yang baik dan tidak baik di era kemajuan teknologi yang terus berkembang, " kata Fitra. 

Sejak terbukanya kebebasan informasi dan teknologi media, pertumbuhan media massa dan media baru mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Media komunikasi yang telah bermetamorfosis menjadi media digital itu perkembangannya semakin beragam, lebih gampangnya direpresentasikan oleh pertumbuhan smartphone dan sejenisnya.

Dalam konteks ini dapat dianalogikan bahwa teknologi media telah mengambil bagian dari peran-peran tertentu di masyarakat.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Bgumay Inradio