Lokakarya Review dan Sosialisasi Kelompok Program Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (Klaster II)

Pangkal Pinang (25/09) – “Pemerintah mecanangkan 4 kelompok program penanggulangan kemiskinan, yaitu pertama Klaster I yang merupakan program sosial berbasis bantuan sosial. Klaster II Program pemberdayaan masyarakat (PNMP Mandiri). Klaster III Program pemberdayaan berbasis usaha mikro dan kecil (kredit usaha rakyat/KUR dan Corporate Social Responsibility/CSR). Dan Klaster VI Program-program lainnya/baru” jelas Andri Wahyono Asisten III Provinsi Babel

Sejak tahun 2007 pemerintah telah membentuk program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) Mandiri. PNPM Mandiri merupakan upaya pemerintah dalam mengharmonisasikan program penanggulangan kamiskinan yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Selama ini program tersebut dilaksanakan secara sektoral dan parsial dengan pendekatan dan prosedur yang beragam antara lain PNPM Dasar/Inti PNPM dan PNPM Penguatan/Sektor.

Lokarya Klaster II ini merupakan salah satu agenda kegiatan penanggulangan kemiskinanan yang dilaksanakan secara maraton karena di harapkan untuk mendapat output yang berkualitas dalam koordinasi dan sinergitas terhadap program-program penanggulangan kemiskinan yang berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tujuan dari lokakarya review dan sosialisasi program penanggulanagn kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat adalah:  pertama meninjau program-program yang telah dilakukan para pemangku kemiskinan dan kedua mendorong pemerintah berperan aktif dalam kegiatan penanggulangan kemiskinaan dan berkomitmen mengalokasikan dan penanggulanagan kemiskinan secara terus menerus.

Sedangkan keluaran dari kegiatan lokakarya ini diharapkan dapat menghasilkan, 

pemerintah provinsi /kabupaten/kota dan stakeholder mampu memotret kandisi mutakhir hasil pembangunan terkait  dengan kebijakan penanggulanagan kemiskinan menggunakan data-data yang berkorelasi dengan target RPJM 2010-2014, RPJMD Provinsi Babel, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Millenium Development Goals (MDGs).
Terjadi proses pembelajaran terhadap program penanggulangan  kemiskinan yang berjalan.
Rencana aksi dukungan pemerintah daerah, swasta NGO untuk mendorong kemandirian masyarakat (dari aspek organisasi kepemimpinan, manajemen, sumber daya manusia/SDM, Sumber daya keuangan dan hubungan eksternal).

“Semoga Lokakarya kali ini bisa menghasilkan suatu rumusan yang secara bersama-sama mampu diimplemtasikan dengan baik dalam rangka pembangunan di kepulauan Bangka Belitung yang kita cintai ini  melalui percepatan penanggulangan kemiskinan yang berbasis pemberdayaan masyarakat (Klaster II)” pesan Andri Wahyono disela-sela pembukaan Lokakarya Klaster II.

Hadir juga pada saat acara yang diselenggarakan di ruang pertemuan Bappeda Provinsi Babel, Juadi Sekertaris Bappeda Prov Babel

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rizky
Fotografer: 
Rizky
Editor: 
Rizky