M-CAP Diskominfo Babel Kunjungi SMPN 1 Namang

PANGKALPINANG - Kegiatan operasional MCAP Tahun 2017 ini telah dilaksanakan sejak tanggal 17 Februari 2017, ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Bangka dimulai dengan SMPN 3 Merawang,  SMPN 1 Puding Besar, SMPN 1 Mendo Barat, dan pada hari ini Jum’at (03/03/2017) M-CAP mengunjungi SMP yang ada di Kabupaten Tengah yaitu SMPN 1 Namang.

Mobile Community Access Point (M-CAP) adalah fasiltas layanan bergerak untuk memberikan pembelajaran bagi warga masyarakat dan pelajar khususnya pelajar SMP yang ada di kabupaten2, dengan menyediakan akses informasi dan pengetahuan berbasis internet yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran kepada masyarakat, Pelajar betapa pentingnya internet, karena internet dapat membukan akses informasi dengan dunia luar, sehingga mereka dapat berinteraksi dengan sesama user dengan tanpa batas jarak dan waktu.

SMPN 1 Namang terletak di Jalan Koba Km 26 Desa Namang Kecamatan Namang. Tim Kominfo terdiri dari Eko Prasetyo,SE,  Hafida Mediarti,S.Kom, Nia Nur Ilma,S.Kom, Riswanto,A.Md, Evandri Saputra,S.Kom, Yusrizal,A.Md yang dihadiri oleh Bapak Yahuza, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMPN 1 Namang dan Bapak Andi Yulius,S.Kom selaku guru TIK dan yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 7 dan 8 sebanyak 20 orang. 

Kegiatan M-CAP ini memakan waktu ± 3 jam di mulai pukul 09.00 WIB – 11.00 WIB. M-CAP di SMPN 1 Namang ini diisi dengan memberikan materi singkat tentang penggunaan internet secara sehat dan aman sehingga kedepannya diharapkan siswa-siswi dapat memanfaatkan kemajuan TIK salah satunya internet ini secara cerdas kreatif dan produktif (In CAKAP).

Selain itu diberikan juga materi tentang email, browsing, searching, downloading dan lain-lain. Sebagai guru TIK bapak Yahuza, S.Kom memberikan tanggapannya bahwa menyambut baik kegiatan ini karena selain bisa menambah wawasan dalam bidang IPTEK, peserta didik juga dapat mengetahui cara memilih ber internet/browsing yang sehat dan baik serta mendidik.

Bapak Yahuza juga memberikan masukan agar kegiatan ini dapat terus dilaksanakan untuk tahun-tahun berikutnya agar dapat mencetak generasi bangsa yang pintar dan cerdas dalam menguasai IPTEK dan Imtaq pada sekolah-sekolah di Indonesia. Peserta didik siswa-siswi SMPN 1 Namang sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini dan pihak sekolah pun mengapresiasikan dengan sangat baik.

Akhir kata Fasilitas layanan bergerak (MCAP) ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah terutama dalam hal akses internet untuk masyarakat dan anak-anak sekolah khususnya siswa-siswi yang ada di SMPN 1 Namang ini. Dari model M-CAP inilah nantinya diharapkan dapat membantu mengatasi kesenjangan digital yang terjadi dimasyarakat, sekaligus menumbuh kembangkan komunitas kreatif bagi pemuda dan pelajar yang pada akhirnya dapat menjadikan komunitas tersebut sebagai partnership program aplikasi telematika.

Model variasi M-CAP yang ada pada dasarnya telah memenuhi standar, namun untuk kelayakan teknis dan dukungan akses jaringan yang cukup dan konten yang disajikan sesuai dengan kepentingan masyarakat.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Eko Prasetyo
Fotografer: 
Eko Prasetyo
Editor: 
Noviansyah