Mahasiswa AIESEC Terkesan Akan Keindahan Terumbu Karang Pulau Kelapan Bangka Selatan

BANGKA SELATAN - Senin (21/08/2017) Kunjungan Mahasiswa AIESEC ke Bangka Selatan menambah antusiasme mereka terhadap Bangka Belitung. Hal ini tampak saat kunjungan mereka ke Pulau-pulau kecil di Basel. Pulau-pulau ini diantaranya, Pulau Kelapan, Pulau Panjang dan Pulau Tinggi.

Didampingi oleh Dinas terkait seperti Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, Dinas Pemuda Dan Olahraga dan Dinas Pendidikan baik dari Provinsi maupun Kabupaten Bangka Selatan. Bahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pol Air Bangka Selatan ikut mengawal kunjungan ini.

Maryono, Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas PU, Tata Ruang dan Perhubungan Kabupaten Bangka Selatan mengatakan, 3 (tiga) kapal milik Pemda Basel diturunkan untuk memfasilitasi kunjungan ke Pulau-pulau ini, diantaranya KM.Seniur, KM. Junjung Besauh 1 dan KM. junjung Besauh 2.

“Kunjungan ini di Fasilitasi oleh Dinas Pariwisata Bangka Selatan, Pihak Perhubungan Laut ikut memfasilitasi transportasi lautnya.” Ungkap Maryono saat diwawancarai dalam perjalanan ke Pulau Kelapan.

Pada kesempatan yang sama, Camat Lepar Pongok, Dodi Kusumah mengatakan bahwa Kecamatan Lepar Pongok terdiri atas 12 Pulau, diantaranya 4 (Empat) Pulau berpenghuni dan 8 (Delapan) lainnya tidak berpenghuni dan masing-masing pulau memiliki keunggulan tersendiri. “Hampir semua Pulau di Lepar Pongok memiliki Potensi Wisata.” Ungkapnya.

Pulau Kelapan adalah destinasi pertama yang dikunjungi di Kecamatan Lepar Pongok. Seperti yang dikatakan Camat Lepar Pongok, setidaknya 90 Persen Pulau Kelapan dikelilingi terumbu karang. Dan dalam kunjungan mahasiswa AIESEC berkesempatan  melakukan olahraga air seperti Berenang dan snorkling untuk melihat terumbu karang di laut seputar Pulau Kelapan hingga siang hari.

Lebih lanjut dikatakan Camat Lepar Pongok, bahwa jika kunjungan  ini kedepannya rutin dilaksanakan, diharapkan mahasiswa AIESEC bisa menginformasikan kepada  masyarakat luas bahwa Bangka selatan memiliki destinasi wisata yang tidak kalah dengan daerah lain. “Diharapkan mendapat dampak yang positif terutama untuk Promosi Wisata khususnya di Lepar Pongok.” Harapnya.

Kabid Pemberdayaan Pengembangan dan Kepemimpin Pemuda Dispora Babel, Ferdiyan yang hadir mendampingi Mahaiswa AIESEC sempat mengatakan bahwa mahasiswa-mahasiswa ini sangat terkesan atas potensi-potensi wisata terutama kesempatan Snorkling di Pulau Kelapan hingga keramahan warga Bangka Selatan.

“Mereka ingin kembali ke Pulau Kelapan untuk menikmati snorkling dan melihat terumbu karang disini lebih lama.” Ungkapnya.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp