Maksimalkan Fungsi Diseminasi Informasi KIM

Tanjungpandan – Masyarakat seharusnya dapat mengakses informasi untuk kepentingan kelompok maupun pribadi. Maksimalkan peran penting Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) mengolah informasi. Sebab KIM dapat melakukan aktivitas mencari informasi dari berbagai sumber, baik sumber langsung maupun sumber tidak langsung.

Demikian dikatakan Noviar Ishak Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat kegiatan Pemberdayaan KIM Belitung di Ballroom Aston Belitung, Kamis (28/5/2015). Sebagaimana dilansir sebelumnya, anggota KIM Belitung mendapat pelatihan mengenai peningkatan kapasitas KIM, teknis penulisan dan pemanfaatan teknologi.

Kepala Diskominfo Bangka Belitung bertindak sebagai pemateri peningkatan kapasitas KIM. Sedangkan teknis penulisan disampaikan Huzari Pranata Humas Diskominfo dan pemanfaatan teknologi oleh Suriato Pranata Humas Diskominfo Babel. Dalam kegiatan pemberdayaan KIM kali ini, selain mendapatkan pembekalan teori, masyarakat peserta kegiatan juga dapat mengaplikasikan langsung.

Menurut Noviar, sumber informasi langsung yang dapat dimanfaatkan KIM yaitu lembaga pemerintah, dunia usaha dan lembaga layanan informasi lainnya seperti tokoh-tokoh masyarakat yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan di bidang tertentu.  Sedangkan yang dimaksud sumber tidak langsung meliputi kelompok media cetak dan elektronik termasuk juga internet.

“KIM harus mampu melakukan proses seleksi informasi untuk mendapatkan informasi penting, terutama bagi anggota kelompok atau masyarakat sekitar tempat KIM berada,” jelasnya.

Jika ada informasi yang penting bagi kelompok, katanya, hendaknya informasi tersebut dapat dijadikan bahan diskusi. Hal ini untuk mengetahui, apakah informasi dapat dimanfaatkan kelompok. Selain itu, untuk mencarikan solusi jika informasi itu membutuhkan solusi. KIM berperan sebagai media forum, yaitu kelompok masyarakat yang memiliki aktivitas mengikuti informasi dari berbagai sumber.

“Kemudian KIM mendiskusikan hasil monitoring, dan menyalurkan informasi kepada masyarakat sekitar. Tidak sebatas itu, sebab informasi yang dikelola KIM dapat lebih lanjut diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penguasaan terhadap informasi bisa berdampak terhadap peningkatan taraf ekonomi,” ungkapnya.

Mulai saat ini masyarakat harus mampu memanfaatkan informasi. Ia menambahkan, informasi dapat dimanfaatkan untuk menopang dan memberi kemudahan bagi kehidupan. Selain mengelola informasi, KIM juga harus mengerti mengenai pemanfaatan teknologi komunikasi. Sehingga KIM dapat menjadi fasilitator informasi bagi masyarakat, menjadi mitra pemerintah dalam menyebarluaskan informasi.

“KIM dapat menyerap dan menyalurkan informasi kepada masyarakat, menjalani fungsi sebagai kontrol sosial dalam pembangunan serta memperlancar arus informasi dan menjadi terminal informasi,” paparnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rizky | Huzari
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari