MAKSIMALKAN PERAN OPAL, DINAS PANGAN KOORDINIR KERJASAMA DENGAN UPT LINGKUP KEMENTERIAN PERTANIAN, DINAS DAERAH PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA

Pangkalpinang - Sebagai penanggungjawab kegiatan OPAL (Obor Pangan Lestari) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (7/11/2019), Dinas Pangan mengadakan rapat dengan melibatkan UPT Lingkup Kementerian Pertanian, Dinas Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan urusan pertanian/pangan. Penunjukan Dinas Pangan sebagai koordinator kegiatan OPAL merujuk SK Menteri Pertanian Nomor 134/Kpts/KN.220/M/2/2019 tentang Tim OPAL tahun 2019.

Dalam rapat, Damiri, Kepala Dinas Pangan menjelaskan hasil kesepakatan seluruh Kepala Dinas Pangan Provinsi se-Indonesia dengan Kementerian dan Irjen tentang pelaksanaan OPAL tahun 2019. Diantaranya yakni agar dinas terkait dapat melaksanakan OPAL di lokasi perkantoran sesuai dengan panduan yang disesuaikan dengan ketersediaan lahan. Kemudian, mekanisme pencairan anggaran disesuaikan dengan mata anggaran yang tersedia baik kontrak maupun swakelola. Selanjutnya menekankan penyelesaian pelaksanaan kegiatan OPAL paling lambat Minggu ke-4 bulan Nopember 2019. 

“Laporan perkembangan fisik yang kita minta saat ini dapat diberikan mulai besok melalui foto. Sifatnya mingguan, jadi setiap hari Jumat. Akan tetapi pada akhir November, itu paling lambat, kita telah menerima laporan kemajuan OPAL baik fisik maupun keuangan sebanyak 100%. Hasil akhir di Minggu pertama bulan Desember sudah kita laporkan,” papar Damiri.  

Dinas Pangan akan mengordinir dinas lingkup pertanian dan melaporkan pelaksanaan semua kegiatan OPAL di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian. Laporan berupa realisasi fisik dan keuangan, foto-foto pelaksanaan OPAL, penyelesaian BAST bagi yang bersifat kontrak, laporan mingguan yang disampaikan setiap hari Jumat untuk dilaporkan hari Senin pada RAPIM Kementan, dan laporan akhir diterima pada Minggu tanggal            1 Desember 2019.

Rapat yang dilaksanakan di ruang pertemuan Dinas Pangan Provinsi ini menghimbau kerjasama dan koordinasi Dinas Pangan Provinsi dengan UPT lingkup Kementerian Pertanian, Dinas Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Hasil akhir yang menjadi kesepakatan bersama adalah komitmen untuk menyerahkan laporan perkembangan kemajuan OPAL baik fisik, keuangan, maupun foto yang akan dilaporkan mulai besok Jumat (8/11/2019).

Lebih jauh Damiri menjelaskan BPTP agar melaksanakan tugasnya sebagai pendamping teknis di Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sedangkan sebagai bentuk pengawasan, Itjen agar melakukan evaluasi dan memberikan pembinaan.

Sumber: 
Dinas Pangan Babel
Penulis: 
Dini