Manfaatkan Perkembangan IT Untuk Optimalisasi Layanan JKN

Pangkalpinang - Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sumini Yuliastuti mewakili Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka acara Sosialisasi dan Registrasi Aplikasi Mobile JKN, di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Selasa ( 17/07/2018 ).

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat membuat sebuah layanan harus dengan cepat menyesuaikan diri. Oleh karena itu dalam rangka  peningkatan pelayanan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) telah dibentuk sebuah aplikasi mobile JKN - KIS yang merupakan bentuk transformasi digital kesehatan.

"Semula kegiatan administratif dilaksanakan di kantor cabang maupun fasilitas kesehatan (faskes), dan ditransformasi dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan peserta dimana saja, kapanpun dan tanpa batas waktu," kata Sumini Yuliastuti dihadapan para peserta yang mendaftar sosialisasi.

Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat dalam memberikan pelayanan yang lebih maksimal, kemudahan fitur yang digunakan sekaligus pelayanan peserta kesehatan menjadi lebih sederhana dan cepat.

Dalam kesempatan tersebut Sumini Yuliastuti juga mengajak para peserta agar menerapkan pola hidup sehat, dikarenakan masyarakat sehat dapat mendorong program pemerintah.

"Saya berharap kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan kemudahan dalam pelayanan secara digital, seluruh peserta dapat menggali informasi sebanyak - banyaknya terkait dengan program BPJS Kesehatan serta dapat menghadirkan pelayanan maksimal terhadap peserta," ujar Sumini.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Firmansyah