Masih Ada 5.367 Warga Belum Rekam e-KTP, Ini Giat Susanti

PANGKALPINANG -- Masih sekitar 5.367 atau 1,6 persen warga Bangka Belitung belum mempunyai KTP elektronik. Persentase tersebut berdasarkan hasil penghitungan total jumlah penduduk wajib KTP. Adapun jumlah DPT di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menembus angka 913.934 orang tersebar di seluruh wilayah Bangka Belitung.

Kepala DP3ACSKB Susanti menjelaskan, untuk menyelesaikan masalah DPT dengan terlibat aktif dalam pertemuan yang difasilitasi KPU. Tak hanya itu, DP3ACSKB juga telah memfasilitasi peralatan perekaman dan pencetakan KTP elektronik untuk seluruh kabupaten/kota se Bangka Belitung. 

"Tinggal 5.367 belum mempunyai KTP elektronik dari total jumlah penduduk wajib KTP. Kita memiliki DPT sebanyak 913.934 orang tersebar di seluruh wilayah Bangka Belitung," jelasnya saat paparan pada acara Kunker Komisi II DPR RI di ruang rapat Pasir Padi, Kantor Gubernur Babel, Kamis (18/10/2018).

Kunjungan ini bertujuan untuk memantau sejauh mana kesiapan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Pemilihan Presiden dan legislatif  2019 mendatang. DP3ACSKB Babel sudah melakukan sosialisasi dan rapat koordinasi secara rutin dengan Disdukcapil  kabupaten/kota di Bangka Belitung.

"Kita ingin agar perekaman dan pencetakan KTP elektronik dapat dilakukan secara maksimal," terang Susanti.

Berdasarkan data dan paparan tersebut, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Nihayatul Wafiroh mengatakan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah siap melaksanakan pemilihan presiden dan legislatif pada 2019 nanti. Desember nanti merupakan tenggat waktu perekaman e-KTP di seluruh daerah.

"Nanti semua masyarakat harus mempunyai e-KTP. Untuk Babel tidak ada persoalan, baik dari ketersediaan blanko maupun dari alat perekaman. Masih banyak daerah lain bermasalah dengan perekaman e-KTP," ungkapnya.

Sumber: 
DP3ACSKB Babel
Penulis: 
Lisia Ayu
Fotografer: 
Lisia Ayu
Editor: 
Huzari