Masih Banyak Daerah Blank Spot, Sekda Bangka Barat Minta Perhatian Pemerintah Provinsi

MUNTOK-- Hingga saat ini masih banyak daerah di Kabupaten Bangka Barat blank spot (tidak terjangkau sinyal internet). Diharapkan ke depan semua daerah sudah terjangkau internet, sehingga pelayanan publik terkoneksi bisa segera terealisasi.

Yunan Helmi Sekda Bangka Barat mengatakan, masih ada daerah belum terjangkau akses sinyal internet. Seperti di daerah Pelanges sampai Kundi, sinyalnya masih sering hilang. Padahal sekarang sudah memasuki era teknologi informasi.

"Kita mengharapkan teknologi komunikasi sudah dapat dirasakan semua masyarakat di Bangka Barat," kata Sekda saat membuka Rakor Forum Perangkat Daerah Diskominfo se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Hotel Pasadena, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kamis (8/3/2018).

Lebih jauh ia menjelaskan, daerah lain yang juga masih sulit sinyal internet di daerah Limbung, Teluk Limau dan Air Mendayung. Sinyal di beberapa daerah ini masih belum baik. Namun tahun 2018, ada kerja sama untuk mengkoneksikan beberapa daerah menggunakan cyber optik.

"Kita ingin semua OPD di Kabupaten Bangka Barat terkoneksi hingga kecamatan. Tak hanya itu, ujian nasional berbasis komputer yang sebelumnya masih terkendala, nanti tidak menjadi masalah lagi," harap Sekda.

Masih ada waktu selama tiga bulan untuk mempersiapkan ujian nasional berbasis komputer. Ia menambahkan, teknologi komunikasi juga dibutuhkan untuk menunjang sektor wisata kota pusaka, kota bersejarah Bangka Barat.

Peningkatan fasilitas sudah dilakukan di tempat-tempat wisata seperti Menumbing. Menurut Yunan, tahun ini juga kawasan Menumbing dipasang instalasi listrik. Sehingga diperkirakan Juni mendatang, Menumbing sudah terang benderang.

"Pelaku UMKM dan sektor informal seharusnya sudah berbasis teknologi. Untuk itu, rakor ini harus menjadi wadah agar Diskominfo bisa saling bersinergi, sehingga mampu memberikan dampak positif. Teknologi menjadi obat penyembuh untuk peningkatan pelayanan," kata Yunan.

Sebelumnya Muhammad Bayu Kabid Pemberdayaan TIK, Statistik dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengharapkan, melalui rakor ini dapat mengembangkan dan menerapkan pemerintah yang baik dengan melakukan efektivitas program komunikasi dan informatika. 

"Rakor hendaknya dapat mempercepat perkembangan sektor ini. Untuk itu sangat diperlukan dukungan dari semua pihak, karena kita akan membahas isu-isu teraktual," jelasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Aditri Saputra
Editor: 
Irwanto