Masjid Al Barkah Bakal Terima Bantuan Rp100 Juta

Tanjung Ratu – Sebanyak Rp100 juta dana bantuan bakal dikucurkan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk Masjid Al Barkah Desa Tanjung Ratu, Sungailiat Bangka. Pencairan dana masih menunggu pengurus masjid melengkapi persyaratan administrasi. Pasalnya penggunaan dana bantuan harus dipertanggung jawabkan.

Asyraf Suryadin Karo Kesra Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, tahun ini rencananya pemerintah provinsi akan mengucurkan bantuan sebesar Rp100 juta untuk Masjid Al Barkah. Kalau pemohon sudah berbentuk yayasan harus sudah terdaftar di Kemkumham. sedangkan lembaga harus ada surat keterangan terdaftar dikeluarkan bupati/walikota

"Insyaallah pemerintah provinsi memberikan bantuan sebesar Rp100 juta. Gunakan dengan baik , kalau ada masalah sampai kepada kami. Laporan harus dibuat jangan hanya mau menerimanya saja," tegas Asyraf saat acara Safari Jumat di Masjid Al Barkah, Desa Tanjung Ratu, Sungailiat Bangka, Jumat (2/02/2017).

Safari Jumat di Masjid Al Barkah seharusnya dilakukan awal Februari 2017. Asyraf menambahkan, karena pada waktu itu menjelang pilkada sehingga kegiatan dijadwal ulang. Pelaksanaan pilkada sudah selesai, walapun berbeda pilihan, masyarakat harus bersatu. Sekarang saatnya saling merangkul dan bergandengan membangun Bangka Belitung.

Kegiatan Safari Jumat kali ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Sebab pemerintah provinsi mengajak Baznas Bangka Belitung untuk menyampaikan informasi tentang zakat. H Sofyan Tsauri Ketua Baznas Bangka Belitung mengatakan, Baznas ini bentukan pemerintah mempunyai tugas pokok mengumpulkan zakat dan membagikannya.

“Selain itu Baznas hadir untuk mewujudkan Indonesia cerdas, Indonesia Peduli, Indonesia Makmur, Indonesia Sehat dan Indonesia Bertaqwa. Baznas mencerdaskan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan melalui zakat yang terkumpul. Saat ini ada sekitar 28 juta masyarakat miskin," jelas H Sofyan.

Potensi zakat di Indonesia sangat besar. Lebih juah H Sofyan menjelaskan, potensi zakat di Indonesia mencapai Rp300 triliun. Namun kenyataannya baru mencapai Rp5 triliun. Tahun ini Baznas Bangka Belitung mendapat dana senilai Rp740 juta dari pusat. Dana ini telah dibagikan kepada 130 siswa dan mahasiswa yang membutuhkan di Bangka Belitung.

"Saya harap masyarakat membayar zakat. Mudah-mudahan kesadaran membayar zakat dapat meningkatkan harkat, derajat dan martabat bangsa kita," harapnya. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Surianto
Editor: 
Huzari