Masyarakat Air Itam Rutin Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

PANGKALPINANG - Ajaran agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW telah memberi ketenangan di hati umat muslim. Hal tersebut disampaikan oleh Habib Muhammad Ridho bin Abdullah Assegaf asal Sukabumi dalam ceramah agama yang disampaikannya saat memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW di Masjid Al Iman Desa Air Itam Pangkalpinang, Minggu (03/12/2017).

"Rahmad terbesar dari Allah SWT adalah dengan diutusnya Nabi Muhammad SAW ke dunia ini," kata Habib Nizar Bin Ali Alkaf. Menurut Habib manfaat peringatan ini sangat besar diantaranya manusia mengenal sosok junjungan umat Islam serta dapat meningkatkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW. 

Hadir 4 (empat) penceramah dalam Peringatan Maulud Nabi di Desa Air Itam Pangkalpinang, yaitu Al Habib Umar Bin Alwi Assegaf, Habib Mustofa Bin Hasan Bisa, Habib Nizar Bin Ali Alkaf dari Palembang dan Habib Muhammad Ridho Bin Abdullah Assegaf dari Suka Bumi. 

Selain itu, nampak hadir Kepala Biro Kesra Sekretariat Darrah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Asraf Suryadin dan Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigadir Jenderal (Pol) Syaiful Zachri beserta jajaran dan anggota Kepolisian Daerah Bangka Belitung.

Budaya peringatan Maulud Nabi seperti ini masih begitu kental dirasakan ditengah-tengah masyarakat Kota Pangkalpinang. Berbeda dengan Desa Air Itam, setiap tahun masyarakatnya tidak meninggalkan budaya ini sejak dulu. Bahkan selain penceramah yang didatangkan dari berbagai daerah di Indonesia, juga dimeriahkan oleh Qasidah dari Desa Sungkap serta ditandai dengan tradisi nganggong. 

Sedikit perbedaan perayaan tahun ini, masyarakat memotong dan memasak hewan kambing sebanyak 30 ekor dari niatan Aqiqahan atas kelahiran warga air itam yang menjadi salah satu jamuan pdalam moment ini. 

Dalam sambutannya, Kepala Biro Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Asraf Suryadin mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung secara penuh tradisi keagamaan yang dilakukan masyarakat. "Kami juga akan pro aktif mengutamakan kegiatan-kegiatan keagamaan di tahun 2018 mendatang," ungka Asraf.

Dikatakan oleh Asraf Suryadin, salah satu program pemprov tahun 2018 adalah pengajian rutin  khusus untuk para lansia dan diharapkan dapat berjalan dengan baik.

Selanjutnya, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigadir Jenderal (Pol) Syaiful Zachri  berharap dengan peringatan Maulid Nabi ini masyarakat dapat mengambil keteladan Nabi Muhammad SAW yang kemudian dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Masih banyak hal-hal yang dzalim atau tidak sesuai dengan tuntunan agama di masyarakat. Saya menghimbau kepada masyarakat Bangka Belitung khususnya muslim untuk tidak mudah diadu domba dan terprovokasi karena kita masih memiliki tujuan yaitu memakmurkan bangsa dan negara kita sesuai ajaran agama," ungkap Kapolda.

Diakuinya, Kepolisian Babel fokus dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Babel. Program Aplikasi BABEL GUN juga telah disepakati antara Kapolda Dan Gubernur Babel beberapa waktu lalu. Aplikasi ini diperuntukan kepada masyarakat Babel dan dapat diunduh melalui Smartphone ini, merupakan bentuk nyata kewajiban Kepolisian untuk menjaga kamtibmas di Babel.

"Diharapkan ada kemudahan dari masyarakat untuk menghubungi kepolisian melalui Aplikasi BABEL GUN ini," tegasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp