Masyarakat Antusias Menyaksikan Pawai Karnaval dan Sepeda Hias HUT RI Ke-72

PANGKALPINANG - Seperti tahun-tahun sebelumnya, warga Babel tetap antusias merayakan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus. Salah satunya dengan kegiatan Pawai, Karnaval dan Kendaraan Hias yang dilaksanakan selama 3 (tga) hari berturut mulai 19 hingga 21 Agustus 2017.

Tahun-tahun sebelumnya Kegiatan ini berpusat di Alun-alun Taman Merdeka, tepatnya di Titik Nol Kilometer Kota Pangkalpinang, berbeda dengan tahun ini yang dipusatkan di Komplek Perkantoran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, tepat di Depan Kantor Gubernur Babel. Dengan Rute Start dari Jalan Pulau Bangka Komplek Perkantoran Gubernur Babel dan Finish di Alun-alun Taman Merdeka.

Hari ini, Minggu (20/08/2017) Kegiatan Pawai Karnaval dan Sepeda Hias dengan total peserta sebanyak 198 dari kategori lomba Karnaval dan Sepeda Hias, diantaranya Barisan Kehormatan  sebanyak 15 regu, Sekolah Dasar 29 Regu, SLTP 17 Regu, SLTA 22 Regu, Perguruan Tinggi 6 Regu dan Umum 56 Regu. Sedangkan Sepeda Hias, diantaranya Pelajar 18 Regu dan Umum 14 Regu. Serta Parade Drumband dengan kategori Senior diikuti 19 Regu.

Dikatakan Padli, Koordinator Lapangan sekaligus salah satu Juri Kegiatan Pawai 2017 mengatakan beberapa kategori mengalami penurunan jumlah peserta dari tahun lalu, walaupun beberapa kategori lain meningkat. “Jumlah Peserta Karnaval Kategori umum dan Sekolah Dasar  menurun, sedangkan Karnaval Kategori SLTA, Sepeda Hias Kategori Pelajar dan drumband meningkat dari tahun 2016.” Ungkapnya saat diwawancarai di Panggung Kehormatan.

Hari ini, ditargetkan semua peserta telah mencapai garis finish sebelum pukul 18.00. Pihak Panitia Kegiatan telah berkoordinasi dengan Pihak Kepolisisan Lalu Lintas terkait jalur yang dilalui peserta agar lebih lancar dari hari sebelumnya dengan Kategori Pawai Baris-berbaris. “Kami mengupayakan untuk selesai tepat waktu, selain berusaha agar jalur pawai yang lancar, juga start yang dimulai satu jam lebih awal dari kemarin.” Harapnya.

“Kepada para penonton, diharapkan kerja sama nya untuk melancarkan jalur pawai dan para pengguna jalan diharap menghindar dari rute Pawai agar kegiatan ini berjalan lancar.” Tambahnya.

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Babel, KA. Tajuddin yang hadir mewakili Gubernur Babel, melepas langsung Peserta Karnaval dan Sepeda Hias tepat Pukul 09.00. Menurutnya Kegiatan Pawai terlebih karnaval hari ini sangat menarik untuk masyarakat, sebab mereka dapat menyaksikan kreativitas dan penampilan yang unik. “Antusias masyarakat menyaksikan karnaval ini lebih banyak dan ramai di tahun ini.” Ungkapnya.

Disampaikan KA. Tajuddin, Asisten Bidang Administrasi dan Umum Sekda Babel ini bahwa Gubernur senantiasa ingin melakukan perubahan kearah terbaik. Salah satunya dengan merubah titik pusat start dan finish Kegiatan Pawai tahun 2017.

“Dengan dipindahkan ke Komplek Perkantoran Gubernur, titik keramaian menjadi dua, di Kantor Gubernur dan Alun-alun Taman Merdeka.” Ungkapnya. Selain itu, hal ini tentu menambah antusias masyarakat karena dua titik yang berjauhan sehingga sepanjang rute pawai akan menambah kesempatan pedagang kaki lima dadakan untuk berjualan.

Menanggapi kritik atas perbedaan yang terjadi ditahun ini, Tajuddin menanggapi bahwa ini akan dijadikan masukan bagi Pemerintah untuk melakukan perubahan-peribahan kedepannya.

“Kritikan tentu bagus untuk introspeksi , sebab tangggung jawab membangun daerah ini adalah tanggung jawab semua pihak. Tegasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp