Masyarakat Lingkungan Air Hanyut Sungailiat Rayakan 1 Muharram 1441 Hijriah & Khataman Al-Qur'an

SUNGAILIAT- Masih dalam rangka memperingati tahun baru Islam, masyarakat Lingkungan Air Hanyut Sungailiat merayakan 1 Muharram 1441 Hijriah sekaligus khataman Al-Qur'an massal  yang bertempat di Masjid Al- Maghfiroh, Kudai di Sungailiat Kabupaten Bangka.Minggu (8/9) pagi.

Di awali arak-arakan 20 anak yang khatam Al- Quran diiringi Marching Band Bahrul Ulum dan Majelis Taklim Masjid Al- Maghfiroh acara tersebut diisi dengan tausiyah Ustadz Jaja sekaligus pembimbing khataman Al-Quran  dan dihadiri Asyraf Suryadin selaku Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, Plt.Sekda Kabupaten Bangka Ahmad Muchsin beserta perwakilan  pemerintah daerah pemkab Bangka dan tokoh agama setempat.

Mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung,Asyraf Suryadin dalam sambutannya mengajak lewat peringatan 1 Muharram 1441 H ini agar kita semua memantapkan niat untuk betul-betul hijrah dari yang tidak baik menjadi lebih baik dan dari yang tidak mampu membaca Al-Quran menjadi lebih baik dalam membaca Al-Quran.

Lebih lanjut Asyraf juga mengatakan bahwa pada tiap tahun baru Islam secara kuantitas bertambah jumlahnya.

"Usia kita secara kuantitas juga bertambah,tetapi secara kualitas harapan hidup kita juga semakin berkurang, dengan berkurangnya harapan hidup ini kita berharap kemampuan untuk mengamalkan Al-Quran dapat lebih baik lagi ," ujar Asyraf.
Selain itu disampaikan juga dukungan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung untuk Yayasan dan Panitia Masjid Al Magfiroh Sungailiat untuk kegiatan ini dan juga setiap acara keagamaan di masyarakat.

Sementara itu Ustad Jaja memberikan tausiyah mengenai kilas balik peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah dan lewat Peringatan 1 Muharram 1441 H kita dapat mengenang perjuangan Rasullah dalam menegakkan Agama Islam.

Sumber: 
Biro Kesra Babel
Penulis: 
Aliyah