MCAP Diskominfo Sasar Masyarakat Beltim

MANGGAR - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali menggelar Mobile Community Access Point (MCAP) di Manggar, Kabupaten Belitung Timur pada Rabu (19/4/2017). Direncanakan MCAP akan menggelar wifi, internetan gratis dan karaoke selama dua hari di Belitung Timur.

Kegiatan Operasionalisasi MCAP dibawah Seksi Pemberdayaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), khusus untuk Belitung Timur ini sasarannya adalah masyarakat umum. Hari pertama, MCAP memilih lokasi Pasar Manggar tepatnya di jalan Bioskop Mega Manggar. Lokasi ini dipilih sebab menjadi pusat keramaian masyarakat Manggar , pukul 19.30 hingga 23.00. Sedangkan hari kedua direncanakan berlokasi di Kecamatan Gantung Belitung Timur.

Kepala Bidang Pemberdayaan TIK, Statistik dan Persandian, Gandi mengatakan bahwa secara umum tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan internet kepada masyarakat dan para siswa Sekolah Menengah pertama hingga Sekolah Menengah Atas terutama Para siswa dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Agar para siswa memiliki persiapan menghadapi Ujian Akhir dengan berbasis Komputer” ungkap Gandi.

Hal ini sejalan dengan kegiatan MCAP yang telah dijalankan sebelumnya seperti di Kabupaten Bangka dan Bangka Tengah dengan sasaran Sekolah-Sekolah, sedangkan Kabupaten Belitung Timur dengan sasaran Masyarakat umum.

Gandi berharap kegiatan ini lebih berkembang kedepannya, dengan maksud mengenalkan TIK yang terfokus ke sekolah-sekolah untuk mendukung program Pendididikan dengan sistem UNBK. Selain itu, kedepannya MCAP diharapkan juga mendapatkan dukungan perawatan dari Pemerintah Provinsi, tidak hanya operasionalisasi nya saja.

“Agar peralatan didalam MCAP terawat dengan baik dan dengan kondisi siap digunakan", harapnya.

MCAP dan perlengkapan didalamnya seperti Wifi, 8 buah Laptop hingga TV LCD serta peralatan pemutaran film dan Karaoke ini memiliki kendala khusus untuk Operasional di Pulau Belitung adalah pengiriman MCAP dari Pulau Bangka ke Pulau Belitung, yaitu jadwal Transportasi laut yang tidak setiap hari.

Sri Nurcahyani, Kepala Seksi Pengelolaan Data dan Statistik yang tergabung dalam tim MCAP Kabupaten Belitung Timur juga mengatakan hal yang sama tentang tujuan dari kegiatan MCAP ini, “mengenalkan internet pada masyarakat, agar masyarakat bisa menggunakan internet secara baik”, ungkapnya.

Sri Nurcahyani juga mengatakan bahwa sebenarnya MCAP digunakan untuk masyarakat didaerah terpencil. Harapannya dengan informasi yang di dapat mampu menambah wawasan dan pengetahuan dari informasi yang diperoleh melalui internet gratis yang disediakan MCAP.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menjangkau masyarakat yang belum mempunyai akses internet. Sehingga masyarakat secara merata bisa mendapatkan informasi melalui internet dengan cepat, tepat dan akurat.

“Sebenarnya saya kagum melihat hal baru seperti ini, tapi agak malu mendekat”, ungkap Yansa masyarakat yang sempat mendekat ke MCAP.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp