MCAP Hadir di Gantung, Masyarakat Terhibur

GANTUNG,BELTIM - MCAP hari ke dua di Kabupaten Belitung Timur (20/04) memilih lokasi Pujamas di Kecamatan Gantung. Dalam rangka menjalankan Program Pengembangan Komunikasi, Informasi dan Media Massa, Diskominfo Babel berupaya mewujudkan pengentasan kesenjangan digital di Bangka Belitung melalui MCAP dengan terlaksananya pengelolaan MCAP ke tujuh Kabupaten/ Kota. Salah satunya adalah Belitung Timur dengan dua titik selama dua hari berturut, yaitu Manggar dan Gantung.

Pujamas terletak di Desa Lenggang Kecamatan Gantung. Lokasi ini dipilih, sebab menurut pihak Kominfo Kabupaten Beltim, Pujamas adalah pusat kuliner masyarakat Kecamatan Gantung. 

“Tempat ini biasa didatangi masyarakat Gantung mulai pukul 15.00 hingga menjelang dini hari”. Demikian di jelaskan oleh Agus, Kepala Seksi Pengelolaan Data dan Statistik Kominfo Beltim saat ikut memantau ke lokasi Pujamas.

Menurut Agus, seharusnya titik MCAP di Kabupaten Beltim cukup di satu titik saja, tetapi tetap dilaksanakan dua hari dilokasi yang sama , mengingat masyarakat yang pasti sungkan ketika dihari pertama, kemudian hari berikutnya akan lebih tertarik untuk menggunakan fasilitas yang disiapkan MCAP.

“Hari pertama malu-malu, hari berikutnya pasti mencoba.” Ungkapnya.

Sri Nurcahyani, Kepala Seksi Pengelolaan Data dan Statistik dan tim yang sama seperti hari sebelumnya di Manggar Belitung Timur, saat mempersiapkan MCAP dilokasi Pujamas mengatakan bahwa sasarannya adalah masyarakat umum. MCAP Dilaksanakan di dua titik, bermaksud agar mampu menarik lebih banyak masyarakat. Masyarakat Kecamatan Gantung diharapkan bisa mendapatkan layanan internet gratis untuk memperoleh informasi dalam rangka meningkatkan wawasan masyarakat itu sendiri.

“Selain layanan internet gratis, masyarakat sekitar MCAP juga mendapat hiburan karaoke”. ungkap Sri Nurcahyani.

Sementara tanggapan masyarakat yang mendekat dan mencoba jaringan wifi gratis dari MCAP merasa sangat terbantu, walaupun tidak menggunakan Laptop yang ada di MCAP.

“Saya bisa buka Instagram dengan wifi yang disediakan cuma-cuma disini”. Ungkap Dede Mizawa, salah seorang masyarakat yang menikmati fasilitas yang disediakan MCAP.

Menurut Dede MCAP juga sangat membantu memberi hiburan kepada masyarakat sekitar Pujamas dengan karaokean, selain jaringan wifi dan internet gratis.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp