Melati Erzaldi Ajak Masyarakat Untuk Mengkonsumsi Ikan

Sungailiat - Ketua TP PKK Provinsi Babel Melati Erzaldi bersama Wakil ketua TP PKK Laksmi Abdul Fattah mengkampanyekan gemar makan ikan kepada masyarakat, yang dilakukan saat menghadiri perlombaan masak serba ikan tingkat provinsi di D’Garden. Acara tersebut turut mengundang Staff Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Syahrudin, Wakil Bupati Bangka Rustamsyah

Ia mengatakan bahwa hasil perikanan di provinsi Babel ini sangat beragam, yan apabila diolah dengan baik dapat meningkatkan gizi masyarakat. Saat ini, dibanyak negara mulai berpaling pada ikan untuk memenuhi kebutuhan protein hewaninya. Selain itu, ikan merupakan komoditi pangan sumber protein yang dapat diterima oleh masyarakat.

“Ikan adalah salah satu produk pangan yang mengandung protein tinggi dan mengandung asam lemak tak jenuh omega 3 yang mampu meningkatkan kecerdasan serta menjadikan tubuh sehat,” ujar Melati.

“Protein dalam ikan juga mengandung asam amino berkualitas tinggi yang tidak mudah rusak oleh pemanasan dan mudah diserap oleh tubuh manusia,” lanjutnya.

Atas dasar besarnya manfaat yang terkandung dalam ikan, maka dinas kelautan dan perikanan menyelenggarakan kegiatan lomba masak serba ikan, safari gemarikan sebagai bentuk kepedulian akan generasi penerus bangsa, ucapnya.

Lebih jauh diungkapkan, tujuan dari penyelenggaraan kegiatan tersebut selain untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan manfaat dan gizi ikan bagi kesehatan, juga untuk meningkatkan ketrampilan memasak dengan bahan baku ikan, dan juga memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan ikan kepada masyarakat.

Kegiatan lomba masak serba ikan ini diikuti oleh 7 kabupaten kota se-provinsi kepulauan Bangka Belitung. Dimana pemenang dari perlombaan tersebut akan diikut sertakan di tingkat nasional, yang akan dilaksanakan di jakarta pada akhir bulan november.

Sedangkan untuk kegiatan safari gemarikan tahun 2017 akan melibatkan siswa-siswa sekolah dasar di sekitar wilayah sungailiat kabupaten Bangka. “Dengan diikutsertakannya siswa SD ini diharapkan dapat mendorong minat mereka untuk mengkonsumsi ikan,” ujar Melati.

Kampanye gemar makan ikan ini menampilan pertunjukan tarik suara dari SD 15 Sungailiat. Selain itu Melati Erzaldi juga memberikan quiz berupa pertanyaan-pertanyaan kepada para peserta untuk mendapatkan hadiah agar acara menjadi semakin meriahkan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
khalimo
Fotografer: 
Khalimo