Melihat Koleksi Tenun Cual Berusia 150 Tahun, Melati Erzaldi Bangga Khasanah Budaya Daerah

BELITUNG TIMUR -- Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Melati Erzaldi terkagum-kagum saat melihat tenun cual berusia 150 tahun koleksi Bapak Hendro. Koleksi ini membuktikan Bangka Belitung sangat kaya dengan khasanah budaya produk kerajinan, dan itu telah ada sejak dahulu.

"Saya senang melihat koleksi tenun cual yang telah berusia ratusan tahun ini. Koleksi tenun cual ini sangat luar biasa," kata Ketua Dekranasda Melati Erzaldi saat melakukan kegiatan perjalanan memberi motivasi bagi pengrajin di Belitung Timur, Senin (5/11/2018).

Rasa kagum semakin bertambah  ketika Ketua Dekranasda Melati Erzaldi berada di lokasi pengrajin tembikar. Satu per satu produk kerajinan tersebut dilihat dengan teliti. Salah satu saran yang diungkapkannya, berharap pengrajin bisa lebih memperbaiki finishing produk.

Terdapat berbagai jenis tembikar dibuat pengrajin di antaranya, tikar, bakul nasi, piring, tudung saji, mangkok, tempayan ukuran besar serta berbagai kerajinan berbentuk hiasan untuk di dalam ruangan. Peralatan berkebun seperti ragak dan tempat sampah juga menjadi produk kerajinan tembikar ini.

Sementara ketika berada di lokasi pengrajin tenun cual, Ketua Dekranasda Melati Erzaldi secara langsung berkomunikasi dengan pengrajin. Kesempatan ini dimanfaatkan untuk memberikan motivasi agar pengrajin bisa menghasilkan produk terbaik. Sehingga tenun cual terus mendapatkan tempat di hati konsumen.

"Untuk pengrajin tenun cual khas Bangka Belitung harus terus melakukan pengembangan motif. Saat ini yang banyak kita lihat merupakan motif bebek. Menekuni sebagai pengrajin bisa memberi penghasilan lebih bagi keluarga," jelasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Istimewa