Mengimbangi Keberadaan KEK, Event Olahraga Pantai jadi Bidikan Dispora Babel

PANGKALPINANG -- Langkah mensinergikan program antara perangkat daerah telah dimulai Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Untuk mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata, Dispora merencanakan lomba lari lima hingga sepuluh kilometer melintasi Jembatan Emas.

Sebagaimana diketahui Jembatan Emas yang menjadi salah satu ikon Bangka Belitung merupakan sarana penghubung rencana kawasan KEK di Kabupaten Bangka dengan KEK di Kabupaten Bangka Tengah. Hingga saat ini penetapan lokasi KEK tersebut sedang dalam pembahasan pemerintah pusat.

Kepala Dispora Babel Suharto SE, MM mengatakan, lomba lari itu terhubung dengan olahraga pantai yang ingin digalakkan di Babel. Artinya sarana dan prasarana olahraga tersebut dibuat di pesisir pantai. Biaya untuk menyediakan fasilitas tentunya lebih murah, jika dibandingkan membuat gedung olahraga.

"Olahraga pantai, nantinya ada sepakbola pantai, voli pantai, atletik pantai, panjat tebing di pantai, triathlon, renang dan olahraga lainnya," kata Kadispora Suharto saat temui usai Salat Zuhur di Masjid Al Imam, Temberan, Pangkalpinang, Rabu (30/5/2018).

Namun untuk merealisasikan sejumlah program ini membutuhkan keterlibatan semua stakeholders dan masyarakat. Kadispora Suharto menjelaskan, kecepatan pemerintah melaksanakan program harus diimbangi dukungan masyarakat. Sport tourism akan membuat daerah maju, dan bisa membuat masyarakat sejahtara.
  
"Salah satu yang membuat Palembang terkenal karena olahraga. Palembang cepat membangun kawasan olahraga Jakabaring. Bangka Belitung hendaknya bisa mengimbangi Sumatera Selatan. Kita harus semangat membangun Babel ke depan," saran Kadispora Suharto.

Event Motocross
Tahun ini Bangka Belitung kembali dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan MXGP. Kegiatan yang akan dimulai akhir bulan ini dipastikan menyedot perhatian pecinta olahraga motocross dari seluruh penjuru dunia. Diharapkan kegiatan tahun ini lebih sukses dari tahun sebelumnya.

Kepala Dispora Babel Suharto mengatakan, setelah tahun ini tidak tahu kapan lagi Babel menjadi tuan rumah MXGP. Namun pencinta olahraga ini jangan khawatir, pasalnya saat ini Dispora sedang melakukan upaya menggelar kegiatan serupa. Rencananya kegiatan digelar di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

"Kita sedang melakukan lobi menggelar event motocross tingkat nasional di Babel, piala Kemenpora dan Gubernur Babel. Namun semua ini masih tahap lobi," ujarnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Adi Tri Saputra