Menko Perekonomian Bahasa KEK Tanjunggunung dan Sungailiat

PANGKALPINANG—Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berupaya agar Pemerintah Pusat dapat menetapkan kawasan Tanjunggunung Kabupaten Bangka Tengah dan Sungailiat Kabupaten Bangka sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Sebelumnya, kawasan Tanjung Kelayang Belitung terlebih dahulu telah ditetapkan menjadi KEK berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2016.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengungkapkan, jika kawasan Tanjunggunung dan Sungailiat ditetapkan menjadi KEK Pariwisata, maka akan memberikan dampak signifikan bagi perekonomian Babel ke depan. Imbas dari ditetapkannya dua daerah itu menjadi KEK Pariwisata, di antaranya akan ada lapangan kerja baru.

“Jika pariwisata Babel semakin berkembang tentu akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat. Lapangan kerja akan semakin banyak dengan adanya pembangunan hotel baru, dan tentu sektor UMKM akan semakin berkembang dengan semakin banyaknya wisatawan yang datang ke Babel,” kata Gubernur, beberapa waktu lalu.

Untuk membahas usulan KEK Tanjung Gunung, KEK Sungailiat, dan KEK Singosari, Senin (5/11/2018) Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menggelar rapat koordinasi. Dalam rapat tersebut hadiri juga dihadiri oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Bupati Bangka, Bupati Bangka Tengah, dan Bupati Malang. Hadir juga Direktur Utama PT Pan Semujur Makmur, Direktur Utama PT Pantai Timur Sungailiat, Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, Direktur PT Intelegensia Grahatama, dan Direktur Utama PT Cakrawala Mandala Nusantara.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Mamaq