Menteri Sosial RI kembali Serahkan Bantuan Pemulihan Korban Bencana Banjir Belitung

GANTUNG, BELITUNG TIMUR - Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa kembali ke Pulau Belitung dalam rangka menyerahkan Bantuan Sosial Pemulihan Korban Bencana Banjir sekaligus Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) bagi warga Kabupaten Belitung Timur (31/07).

“biasanya saya hadir ke daerah bencana saat masa tanggap darurat dan hadir kembali pada pasca tanggap darurat untuk menyampaikan hak dari korban bencana terkait Jadu, ekonomi dan BBR.” Ungkap Menteri Khofifah. Kehadirannya juga diharapkan menambah semangat pemulihan ekonomi bagi para korban banjir.

Dalam penangan bencana banjir yang terjadi di Belitung Timur pada pertengahan Juli lalu, Kemensos memberikan apresiasi tidak hanya kepada Pemerintah Provinsi Babel, Kabuputen Belitung Timur maupun Kabupaten Belitung tentunya atas kesukarelaan untuk pemulihan pasca bencana dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan seluruh relawan Sosial termasuk pengurus Kampung Siaga Bencana.

Seperti yang pernah disampaikan dalam kunjungan Menteri Khofifah sebelumnya (20/07), Kemensos kembali memberikan bantuan kepada masyarakat Belitung Timur, diantaranya bantuan Sosial Pemulihan berupa Jaminan Hidup (Jadup) untuk korban yang rumahnya termasuk dalam kategori rusak berat dan rusak sedang dengan total Rp. 501.300.000 untuk 557 jiwa. Juga diberikan bantuan berupa Bahan Bangunan Rumah (BBR) untuk rumah yang terkategori rusak berat dengan total Rp. 1,6 Milyar untuk 82 Kepala Keluarga. Selain itu bantuan untuk penguatan ekonomi nelayan Rp. 220 juta untuk 44 Kepala Keluarga. Serta bantuan paket sembako senilai Rp. 33,6 juta untuk 169 Kepala Kelurga.

Tidak hanya Kabupaten Belitung Timur, Kabupaten Belitung juga mendapat bantuan dari Kemensos untuk 76 jiwa senilai Rp. 68,4 juta, selain itu juga diberikan BBR kepada 13 kepala Keluarga senilai Rp. 260 juta dan bantuan paket sembako.

Kehadiran Menteri Khofifah ini, bagi Wakil Gubernur Kepualauan Bangka Belitung, Abdul Fatah patut untuk disyukuri, sebab warga mendapatkan bantuan-bantuan dari program Kemensos. “Tetapi ini sifatnya adalah bantuan yang tentunya ada aturan yang berlaku dalam penerimaannya, jadi warga harus pandai-pandai memanfaatkannya.”Ungkapnya

Demikian pula Bupati Kabupaten Belitung Timur juga mengatakan hal serupa, bahwa bantuan-bantuan ini diharapkan dapat membantu sarana dan prasarana serta infrastruktur bagi masyarakat yang terkena bencana alam banjir. “Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kemensos atas dukungan sosial kepada Masyarakat Belitung Timur.” Demikian disampaikan oleh Yuslih Ihza Mahendra saat menyambut kedatangan Menteri Khofifah di Lapangan MPB Gantung.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp