Mohammad Fathurrakhman Kembali Di Lantik Menjadi Ketua PWI Babel

Pangkalpinang – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) provinsi Bangka Belitung, pada hari rabu (10/5/2017) melaksanakan pengukuhan dan pelantikan pengurus baru untuk periode 2016-2021 yang bertempat di aula Swiss Bell Hotel Pangkalpinang.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Suharto, SE, MM yang mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ketua Umum PWI Pusat Margiono, Forkopimda, Pengurus PWI lama dan juga para pengurus PWI yang baru akan dilantik.

Dalam kesempatan tersebut, Rudi Syahwani selaku ketua panitia penyelenggara melaporkan bahwa seharusnya pelantikan ini dilakukan diawal tahun kemarin, tetapi terkendala oleh satu dan lain hal yang menyebabkan keadaan menjadi tidak memungkinkan, dan juga ada beberapa agenda prioritas, maka baru hari sekarang dapat dilaksanakannya pelantikan kepengurusan PWI Babel yang baru.

“Saat ini merupakan moment yang tepat untuk melaksanakan pelantikan, dimana sebelumnya kami lebih memprioritaskan untuk kegiatan pelaksanaan uji kompetensi wartawan, dan kami sudah dua kali melaksanakan uji kompetensi tersebut,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Mohammad Fathurrakhman yang kembali dilantik menjadi ketua PWI Babel periode 2016-2021 turut menyampaikan sambutannya. Ia mengatakan bahwa amanah yang diterima oleh para pengurus PWI babel ini cukup berat, tetapi apabila semua bersinergi dengan baik bersama-sama menjadi tidak terlalu berat.

“Untuk kemajuan organisasi kita, adapun program kerja kami pada periode 2016-2021 ini yaitu pelatihan dan pendidikan untuk profesionalisme wartawan. Menurut hemat saya, wartawan merupakan profesi yang butuh kompetensi, selain itu juga apapun bidangnya sekarang harus memiliki sertifikat kompetensi, agar lebih baik dalam menjalankan amanah profesinya sebagai jurnalis,” lanjut Fathurrahman.

Ketua Umum PWI Pusat Margiono kembali mengingatkan kepada para insan pers, untuk menjadi jurnalis yang bermanfaat dengan tidak memberitakan informasi dari narasumber yang tidak jelas.

“Jangan lah pernah memuat berita, informasi, kabar, isu yang sumbernya tidak jelas. Itu yang menyebabkan suburnya penyebaran hoax. Beritakanlah hal-hal yang bermanfaat untuk masyarakat,” ujar Margiono mengingatkan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Suharto juga menyampaikan kepada para pengurus PWI Babel bahwa dengan dilantiknya pengurus yang baru, maka diharapkan informasi semakin aktual dan terpercaya.

“Keberadaan media massa sudah dianggap sebagai pilar pokok demokrasi, sebab media memiliki peran memberikan informasi yang adil dan berimbang. Selain itu juga, media massa menjadi salah satu alat kontrol pemerintah daerah dalam melakukan kegiatan pembangunan,” tutup Suharto.

Berikut ini adalah nama-nama pengurus PWI Babel periode 2016-2021 yang dibaru dilantik :

Ketua PWI Babel Mohammad Fathurrakhman (MNC), Wakil Ketua Bidang Organisasi Mahpul Azis (LKBN Antara), Wakil Ketua Bidang Pendidikan Dodi Hendriyanto (Bangka Pos), Wakil Ketua Bidang Advokasi Ahmadi, SH (LKBN Antara), Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan M. Ikhsan Firmansyah (MNC Media), Wakil Ketua Bidang Kerjasama Antar Lembaga Nico Alpiandy (Metro TV).(K5)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo Tabarani
Fotografer: 
Khalimo Tabarani