MTQ Sebagai Ajang Silaturrahmi dan Ciptakan Ukhuwah Islamiyah

PANGKALPINANG- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman membuka Mushabaqoh Tilawatil Qur'an VIII Tingkat Provinsi yang diselenggarakan pada  Minggu malam (6/5/2018) di Alun Alun Taman Merdeka ( ATM ) Pangkalpinang.

Dalam sambutan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi mengatakan pelaksanaan MTQ merupakan kegiatan dalam usaha yang dilakukan dalam memotivasi umat Islam dalam belajar dan mengamalkan Alquran karena AlQuran merupakan dasar dalam kehidupan umat Islam.

"Pelaksanaan MTQ yang dilaksanakan merupakan bagian usaha kita dalam yang sungguh-sungguh memberikan motivasi kepada umat Islam untuk terus membaca dan memahami serta mengamalkan isi kandungan Alquran Karena Alquran merupakan pedoman  pokok pelaksanaan Syariat Islam," ungkap Erzaldi Rosman.

Selain menambah pengetahuan , Erzaldi menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ juga juga merupakan ajang silaturahmi bagi umat Islam yang ada di Bangka Belitung dalam menjaga persatuan dan kesatuan sehingga terciptanya ukhuwah Islamiyah.

Kepada para peserta Erzaldi, berpesan agar dalam mengikuti lomba MTQ VIII, harus dilandasi dengan hati yang tulus dan iklas agar dapat menjalankan amanah yang dibebankan kepada para peserta.

"Peserta lomba harus melaksanakan lomba ini dilandasi dengan hati yang tulus dan ikhlas semata mata mengharapkan ridho dariAllah SWT agar dapat menjalankan amanah yang dibebankan kepada saudara untuk mengikuti perlombaan ini," pesan Erzaldi Rosman.

Diakhir sambutannya Gubernur babel , Erzaldi Rosman akan memberikan beasiswa kepada peserta yang menjadi juara mewakili Bangka Belitung di tingkat nasional.

"Siapapun yang nanti juara ketika dia mewakilkan untuk tampil di tingkat nasional akan diberikan beasiswa " ucap Erzaldi .

Setelah menyampaikan sambutannya Gubernur Babel beserta Ketua DPRD Babel melakukan penabuhan bedug bersama sama menandakan dibukanya pelaksanaan MTQ VIII yang dimulai tanggal 5 -11 Mei 2018.

Tampak Forkopimda, Wakil Gubernur Babel dan Sekda Babel beserta sejumlah pejabat di lingkup pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  pimpinan daerah kabupaten/kota se-Babel  serta ribuan masyarakat memenuhi Alun Alun Taman merdeka untuk menyaksikan penyelenggaraan pembukaan Mushabaqoh Tilawatil Quran ke VIII .

Sementara itu Ketua pelaksana Pjs. Walikota Pangkalpinang Asyraf Suryadin menyampaikan laporannya terkait dengan pelaksanaan MTQ ini bahwa kegiatan ini bertemakan "Mewujudkan Revolusi Mental Menuju Insan Yang Qur'ani "

Lanjut Asyraf dengan dilaksanakan MTQ ini diharapkan pelasanaannya berjalan dengan lancar dan diselenggarakan di beberapa tempat yakni Alun Alun taman Merdeka, Kantor walikota Pangkalpinang serta di Polres Pangkalpinang .

Asyraf juga menyampaikan peserta terdiri dari 350 orang masing masing kabupaten kota sebanyak 50 orang beserta official dan ada 16 cabang yang diperlombakan yaitu tartil anak putra/putri, tilawah anak putra/putri, tilawah remaja putra/putri, tilawah dewasa putra /putri, qiro'at Mujawwad dewasa putra/putri, hifzil qur'an 1 juz,5 juz,10juz, 20 juz, 30 juz putra/putri , fahmil putra/putri, syarhi putra/putri, khoth naskah putra/putri, khoth hiasan mushaf putera/putri, khoth kontemporer putra/puteri dan khoth dekorasi putra/putri .

Tampak Forkopimda, Wakil Gubernur Babel dan Sekda Babel beserta sejumlah pejabat dilingkup pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung,  pimpinan daerah Kabupaten/kota se Babel  serta ribuan masyarakat memenuhi Alun Alun Taman merdeka untuk menyaksikan penyelenggaraan pembukaan Mushabaqoh Tilawatil Quran ke VIII .

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Sentosa (Pranata Humas Biro Humas dan Protokol)
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Irwanto