Murlim Tegaskan Tiga Pembahasan Rakornis

Pangkalpinang – Kol Inf Murlim Mariadi Ketua Umum Porwil IX Sumatera menegaskan tiga hal dalam rakornis Porwil IX di ruang pertemuan Mahligai Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu malam (8/4/2015). Tiga hal itu di antaranya, pertama, peserta rapat harus dapat melaksanakan rakornis dengan penuh rasa tanggung jawab dan jangan hanya sekedar datang menjalankan perintah.

“Harus ada hasil sebagai pedoman untuk menyiapkan para atlet yang akan bertanding nanti. Kedua, tingkatkanlah pemahaman tentang maksud dan tujuan rakornis Porwil ini agar didapatkan kesamaan persepsi. Sehingga pada saat membawa kontigen bertanding tidak ada lagi kesalahpahaman,” tegasnya.

Sedangkan yang ketiga, jelasnya, duta dari masing-masing daerah agar dapat mengikuti agenda kegiatan ini sampai tuntas. Karena rapat ini yang akan menentukan kesuksesan pelaksanaan Porwil. Jadikan kegiatan ini sebagai momentum mengangkat prestasi olahraga, sehingga kegiatan porwil menghasilkan atlet prima, sportif, gemilang dan bisa mengharumkan nama daerah di tingkat nasional maupun internasional.

Sebagaimana diketahui, Porwil IX mengangkat tema “Dengan Persatuan dan Persaudaraan Kita Raih Prestasi Serta Menjunjung Tinggi Sportivitas.“  Pelaksanaan rakornis dimulai 8 sampai 10 April 2015, acara pembukaan dilaksanakan di ruang pertemuan Mahligai Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Untuk pembahasan di Aston Soll Marina Bangka Hotel tanggal 9 April 2015, peserta diajak panitia untuk melakukan kunjungan venue di Pangkalpinang dan Sungailiat,” jelasnya.

Sementara Amrullah Harun Plh Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, Porwil IX Sumatera merupakan pesta olahraga. Selain sebagai barometer pembinaan atlet-atlet olahraga di wilayah Sumatera, Porwil juga dapat dijadikan sebagai ajang silahturahmi untuk mempererat hubungan persaudaraan. Selain itu menjadi ajang memupuk persatuan dan kesatuan antar wilayah se Sumatera.

Porwil ini merupakan kegiatan empat tahunan yang diikuti sepuluh provinsi se Sumatera yaitu, Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Kepulauan Riau, dan Provinsi Kepulauan Bangka belitung.

Porwil juga merupakan sarana kualifikasi strategi bagi cabang olahraga daerah menuju Pekan Olahraga Nasional (PON ) tahun 2016 di Provinsi Jawa Barat. Lebih jauh Sekda mengingatkan, pelaksanaan Porwil harus sukses sesuai dengan kunci sukses yang telah dirancangkan yaitu, sukses prestasi, sukses penyelenggaraaan, sukses pemberdayaan ekonomi masyarakat, promosi wisata dan sukses administrasi.

“Rakornis ini diharapkan dapat menghasilkan suatu kesepakatan bersama yang akan menjadi pedoman dalam menyukseskan penyelenggaraan Porwil IX Sumatera,” jelasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi
Editor: 
Huzari