Nelayan Uji Coba Kapal Bantuan DKP Babel

PANGKALPINANG – Sejumlah perwakilan nelayan calon penerima Bantuan Kapal Nelayan 3 GT mengaku puas dan bisa menerima prototype kapal 3 GT yang merupakan contoh kapal bantuan yang akan mereka terima di tahun 2018.

Hal tersebut diungkapkan oleh Windu, Ketua Koperasi Serba Usaha Koneli Jaya dari Kabupaten Bangka saat rapat pembahasan penyempurnaan formulasi kapal 3 GT di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Babel belum lama ini.

Menurut Windu sejauh ini kapal yang sudah diuji cobakan tersebut sudah cocok, “Dua minggu lalu saya didampingi Pak Sopiar dan kawan-kawan dari dinas sudah mencoba kapal tersebut dan tidak ada masalah secara teknis untuk kapal tersebut,” ujar Windu.

Namun demikian Windu berharap ada beberapa hal yang perlu disesuaikan dari desain kapal prototype yang sudah ada.

“Kiranya Dinas bisa menyesuaikan untuk dak kapal kami mohon agar ketinggian deknya dapat diturunkan, kurang lebih tingginya 15-20 cm saja,” harapnya.

Hal tersebut juga diamini oleh Jusan, perwakilan Koperasi Nelayan Usaha Mandiri dari Belitung Timur. Menurut Jusan secara umum prototype kapal 3 GT bisa diterima, namun ia menyarankan agar sisi badan kapal untuk ditambah ketinggiannya. “Masukan kami untuk dek kapal diturunkan dan untuk body kapal, sisi kanan kiri kiranya bisa dinaikkan sedikit,” ujar Jusan.

Saat ditanyakan oleh Kasi sarana Prasarana Penangkapan Ikan dan Prasarana Perikanan DKP, Sopiar mengenai berapa ketinggian yang ingin ditambahkan untuk badan kapal, nelayan calon penerima sepakat menjawab kurang lebih satu papan. “Yah kurang lebih satu papan lah bisa dinaikkan, kira-kira 10 centi meter,” tambah Jusan.

Prototype kapal 3 GT yang dianggarkan lewat APBD DKP Tahun 2017 dibuat melalui 3 tahapan kajian dari konsultan. “Kami sengaja keliling Bangka Belitung, ada lima kabupaten yang kami kunjungi semua kapal nelayan yang berukuran kurang lebih 3 GT kami ukur. Kami juga berkomunikasi dengan nelayan mencari tahu spesifikasi teknis kapal 3 GT yang diinginkan nelayan, konsultannya juga ikut serta,” tutur,” Sopiar.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Subantoro yang ikut hadir menambahkan bahwa kalau program ini berhasil dan berdaya guna DKP akan mengusulkan bantuan kapal nelayan lagi di tahun 2019.

“Kalau ini berhasil DKP Babel nanti akan usulkan lagi penambahan bantuan kapal, bila perlu yang ukurannya lebih besar yaitu 5 – 15 GT,” ujarnya.

Subantoro juga mengingatkan kepada perwakilan nelayan yang hadir untuk menjaga kapal tersebut bila sudah diserahterimakan. “Kalau sudah diterima, saya minta kapal tersebut dijaga dan digunakan sebagaimana mestinya. Saya ingatkan juga jangan dipindahtangankan,” pinta Subantoro.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Mutiah Sahiddin (Pramas Dinas Kelautan dan Perikanan Babel)
Fotografer: 
Mutiah Sahiddin (Pramas Dinas Kelautan dan Perikanan Babel)
Editor: 
Irwanto