O2SN Bentuk Pelajar Berprestasi Akademik, Olahraga dan Berbudi Pekerti

PANGKALPINANG - Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD-SMP Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018 dibuka oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah yang dilaksanakan di Gedung Olah Raga Sahabudin, Rabu (02/08/2018).

Tema yang diusung pada O2SN 2018 adalah “Melalui O2SN SD dan SMP Tingkat Provinsi Bangka Belitung Tahun 2018, Membentuk Para Pelajar Berprestasi Akademik, Olahraga dan Berbudi Pekerti Luhur”.

Dalam upacara pembukaan ini, juga diserahkan Piala Bergilir oleh Kota Pangkalpinang sebagai juara umum O2SN Tahun 2017 kepada Wakil Gubernur untuk nanti diberikan kepada Juara Umum O2SN Tahun 2018 selain medali dan hadiah lain yang disiapkan untuk para peserta.

O2SN akan berlangsung selama 3 (tiga) hari, terhitung dari tanggal 2 hingga 5 Agustus 2018. Peserta O2SN adalah sebanyak 133 orang siswa Sekolah Dasar dan 112 orang siswa Sekolah Menengah Pertama dari Kabupaten/ Kota Se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kategori lomba dalam ajang ini adalah atletik, renang, senam, karate, pencak silat, dan bulutangkis.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung M. Soleh menyampaikan bahwa O2SN bertujuan untuk membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat nasional, meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap bidang olahraga, meningkatkan kecakapan, kolaborasi dan kooperatif, meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani dan mutu akademik serta melatih sportifitas dan tanggung jawab mengembangkan rasa cinta tanah air.

“Terakhir yang terpenting adalah mengembangkan dan meningkatkan minat para siswa dalam bidang olahraga,” tambahnya.

Menurut Soleh, siswa-siswa SD dan SMP terbaik dalam ajang ini nantinya akan mengikuti O2SN tingkat Nasional 2018 yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 hingga26  September 2018 di Yogyakarta.

Wakil Gubernur Babel mengatakan undang-undang pendidikan telah diarahkan untuk membentuk manusia-manusia yang kuat. Selanjutnya Wakil Gubernur juga mengingatkan supaya para siswa tidak mengalami ketertinggalan.

“Anak-anakku semua, persaingan didepan akan semakin ketat. Oleh karena itu bekali diri dengan pengetahuan dan wawasan," ajak Wakil Gubernur.

Wakil Gubernur mengucapkan selamat mengikuti O2SN. "Kepada para juri dan wasit supaya dapat menjaga netralitas dalam memimpin pertandingan,” pesan Wakil Gubernur.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona DP (Pranata Humas Diskominfo Babel)