Pangkalpinang Jadi Tuan Rumah Kelompok Tani Nelayan Andalan Expo IV

Pangkalpinang – Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) EXPO IV merupakan event tahunan untuk mempromosikan produk-produk pertanian, perikanan, dan kehutanan yang telah dicapai oleh petani, nelayan, petani hutan, pemerintah, perusahaan swasta, BUMD, dan instansi terkait diseluruh Indonesia.

Dimana acara pertemuan akbar ini juga bertepatan dengan hari ulang tahun kelompok KTNA ke-47, yang pada kali ini diselenggarakan di kota Pangkalpinang pada tanggal 21-24 September 2018 mendatang.

Event berskala nasional yang akan dihadiri oleh ribuan petani dan nelayan di seluruh Indonesia ini selain menampilkan produk-produk unggulan inovasi, diperkirakan juga akan menghasilkan potensi investasi dan perkembangan teknologi dalam bidang pertanian dan perikanan.

“Adanya acara ini memungkin kita untuk saling bertukar pengetahuan, mungkin mereka (petani dan nelayan luar Babel) lebih baik dari kita, sehingga kita bisa belajar dari mereka. Demikian juga dengan kelebihan yang kita miliki, mereka pun bisa juga belajar dari kita,” ujar Ahmad Damiri selaku kepala Dinas Pertanian provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ia mengharapkan dukungan dari berbagai pihak terkait agar acara dapat berjalan dengan sukses. “Untuk itu kita tidak bisa sendiri-sendiri, perlu dukungan dari para petani, pengusaha yang bergerak dibidang pertanian yang ada di Babel untuk menyukseskan acara,” harapnya.

Ia pun juga mengatakan bahwa event KTNA ini juga dapat menunjang peluang pengembangan pariwisata di Bangka Belitung. Mengingat dengan hadirnya para undangan yang jumlahnya tidak sedikit itu, maka akan terjadi peluang promosi pariwisata Babel.

Disampaikan oleh ketua KTNA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sukasno diperkirakan akan datang sekitar 3000 ribu-an anggota KTNA yang akan hadir di Babel. Apabila acara ini berjalan dengan sukses, maka tidak menutup kemungkinan untuk menghadirkan Pekan Nasional KTNA di Babel yang dapat mengundang hingga 50 ribu peserta.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo